Wabup Inhil Buka Rapat Forum SKPD - Arbindonesia
Maret 11, 2014

Wabup Inhil Buka Rapat Forum SKPD

Bagikan..

Wabup Inhil H.Rosman Malomo Meyampaikan sambutan pada  Pembukaan Rapat Forum SKPD Kab. Inhil. Foto: Humas Pemkab Inhil
Wabup Inhil H.Rosman Malomo Meyampaikan sambutan pada Pembukaan Rapat Forum SKPD Kab. Inhil. Foto: Humas Pemkab Inhil

Tembilahan (detikriau.org) — Bertempat di Aula Kantor Bupati Inhil, Selasa (11/3/2014) dilaksanakan Rapat Forum SKPD Kabupaten Indhil. Rapat ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Inhil, H Rosman malomo.
Dalam amarannya, Wabup menegaskan bahwa pembangunan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang telah dilaksanakan selama ini telah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang kehidupan masyarakat, walaupun masih ditemui juga berbagai kekurangan seperti pemerataan pembangunan yang dianggap oleh beberapa kalangan masih belum merata. Hal ini menurut Wabup dikarenakan terbatasnya kemampuan anggaran untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan pembangunan sebagaimana telah diusulkan masyarakat melalui kegiatan Musrenbang.
Berdasarkan rekapitulasi usulan masyarakat yang disampaikan pada Musrenbang Kecamatan dan usulan seluruh SKPD untuk 2015, masih menurut Wabup, diperoleh total usulan sebesar lebih kurang  Rp. 4,653 Trilyun, jika dibandingkan dengan kemampuan Anggaran Belanja Langsung, Hibah dan Bansos serta bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa pada tahun 2014 yang hanya sebesar lebih kurang Rp.1,255 Triliyun  sehingga hanya  lebih kurang sebanyak 26,97 persen saja usulan masyarakat yang dapat direalisasikan.
“Untuk itulah, maka kita perlu menyusun Perencanaan Pembangunan agar anggaran yang terbatas tersebut dapat digunakan secara efektif dan efisien.” Ujar Wabup
ditambahkan Wabup, Salah satu upaya dalam Perencanaan Pembangunan adalah melalui Forum SKPD dimana dalam Forum ini akan dibahas dan disinkronkan antara Rencana Kerja dari masing-masing SKPD dengan usulan kegiatan dari masyarakat yang dihimpun pada saat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan beberapa waktu yang lalu.
Sebagaimana telah diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2010 bahwa Rancangan Renja-SKPD dibahas dalam Forum SKPD yang diselenggarakan bersama antar pemangku kepentingan untuk menentukan prioritas kegiatan pembangunan sehingga dihasilkan Rancangan-RKPD.
Pelaksanaan Forum SKPD ini harus memperhatikan masukan kegiatan dari Kecamatan, kinerja pelaksanaan kegiatan SKPD tahun berjalan, rancangan awal RKPD serta rencana strategis SKPD.  Dengan demikian, Forum SKPD dapat menghasilkan Rancangan RKPD yang memuat kerangka regulasi dan kerangka  anggaran yang dirinci menurut Kecamatan dan sudah dibagi untuk pendanaan alokasi APBD setempat, APBD Provinsi dan APBN.
Hal lainnya, Penyelenggaraan Forum SKPD Kabupaten Indragiri Hilir juga diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai wahana persiapan materi menjelang pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Indragiri Hilir yang akan dilaksanakan  pada tanggal 18-19 maret 2014 mendatang.
Dalam pelaksanaan Forum SKPD kali ini, mekanisme pembahasan sama dengan pelaksanaan Forum SKPD tahun lalu. Pembahasan tidak melibatkan Kecamatan dan pembahasan hanya dilakukan oleh SKPD dengan koordinator bidang Bappeda Kabupaten Indragiri Hilir. Fokus pembahasan adalah mensinkronkan program dan kegiatan dari seluruh usulan Kecamatan kedalam Rencana Kerja SKPD dan menentukan sumber pendanaannya.
“Kepada Saudara-saudara yang mengikuti  Forum SKPD ini, saya berpesan agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk berdialog, bertukar informasi dan  menghasilkan kesepakatan berupa Renja – SKPD yang nantinya akan menjadi materi untuk mematangkan Rancangan RKPD Kabupaten Indragiri Hilir Tahun Anggaran 2015 yang telah disusun,  sehingga kebijakan pembangunan yang dihasilkan akan berdaya-guna dan berhasil guna menjadikan masyarakat Indragiri Hilir   sejahtera lahir dan batin.” Pungkas Wabup. (dro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.