Akibat Kabut Asap, Peternak Ayam Juga Terancam Merugi - Arbindonesia
Maret 11, 2014

Akibat Kabut Asap, Peternak Ayam Juga Terancam Merugi

Bagikan..

6b21e-ayamsakitTembilahan (detikriau.org) — Kondisi kabut asap yang menyelimuti kabupaten Indragiri Hilir bukan saja berdampak kepada kesehatan manusia. Hewan ternak masyarakatpun sudah mulai terserang penyakit. kalangan peternak berharap, Dinas terkait dapat segera melakukan antisipasi agar kondisi ini tidak berdapak merugikan masyarakat peternak.
permintaan ini disampaikan oleh salah seorang peternak ayam bangkok di kota Tembilahan, Agus. menurut pengakuannya, dalam beberapa hari belakangan ini, ternaknya satu persatu sudah mulai terserang penyakit. “Kita belum memastikan apa penyakitnya. tapi gejala yang terlihat sepertinya berak kapur. sebagian ayam lainnyapun beberapa hari belakangan ini terlihat mulai lesu,” Sampaikan Agus kepada detikriau.org, selasa (11/3)
Diduga Agus, akibat kabut asap, sinar matahari pagi tidak dapat memancar dengan maksimal, akibatnya, dengan kondisi cuaca seperti ini berdampak tidak baik kepada kesehatan hewan ternaknya. untuk meningkatkan daya tahan hewan ternak, Agus mengaku terpaksa menambahkan konsumsi vitamin meskipun untuk itu ia terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan. Ia berharap agar kondisi ini segera mendapatkan perhatian Dinas terkait untuk membantu masyarakat peternak agar terhindari dari  timbulnya kerugian yang lebih banyak.
Peternak ayam lainnya, Safri, warga jalan Sungai beringin Tembilahan juga mengeluhkan hal yang senada. bahkan menurut pengakuannya, tidak jelas apa penyebabnya, puluhan ekor ternak ayamnya terserang penyakit dan mati. “sudah dua harian ini seluruh ayam ternak saya mati. saya tidak tau apa penyebabnya. bangkai ayam hanya terlihat membiru,” Sampaikan Safri
Ditambahkan Syafri, bukan hanya dirinya, ternak-ternak masyarakat disekitar tempat tinggalnya juga mulai terserang penyakit. walaupun tidak seluruh ayam ternak mati, yang adapun kini sudah tampak kurang sehat.(dro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.