Juni 15, 2024

TRUK ANGKUTAN PASIR UGAL-UGALAN. POLISI HARAP KERJASAMA MASYARAKAT BERIKAN LAPORAN

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) – Sikap ugal-ugalan yang dipertontonkan oknum sopir truk angkutan pasir membuat masyarakat resah. Diharapkan instansi terkait untuk segera melakukan penertiban. Dikhawatirkan kalau tindakan ini terus dibiarkan akan berakibat fatal bagi pengguna jalan lainnya.

“Memohon dengan sangat, secara pribadi saya meminta pihak-pihak terkait segera melakukan penertiban terhadap para sopir truk angkutan pasir yang sering bertindak semaunya berlalu lintas. Untung saja saya masih dilindungi Tuhan. Kalau tidak, mungkin hari ini saya tidak bisa menceritakan hal ini kepada bapak,”Ungkap Agus (40) seorang warga jalan batang tuaka Tembilahan, Kamis (17/11/2011).

Menurut penuturan Agus, siang itu dirinya beserta dua orang anaknya sedang menggunakan kendaraan roda dua untuk pulang kerumah selepas membeli beberapa keperluan di pasar jalan Yos Sudarso. Di perempatan jalan batang tuaka, karena memang posisi lampu traffic light dari arahnya sedang dalam kondisi hijau. Tanpa sedikitpun perasaan ragu, ia melintas secara perlahan.

“Demi Tuhan, sampai hari ini nyali saya masih ciut pak. Saat itu saya begitu kaget karena tiba-tiba saja melintas truk angkutan pasir dengan memacu kendaraan cukup kencang. Bahkan seorang pengguna jalan lainnya sempat berteriak karena kaget begitu menyaksikan kejadian yang hampir merengut nyawa saya dan kedua anak-anak saya. Yang lebih membuat saya tidak habis pikir, sudahlah si sopir jelas salah karena tidak mengindahkan lampu traffic light malah dengan garang dirinya memukul pintu truk kendaraannya sambil membentak.” Ceritanya kemudian dengan masih menahan rasa marah.

Kabar tentang ugal-ugalannya kendaraan truk angkutan pasir ini bukan hanya sekali ini pernah didengar detikriau. Bahkan beberapa waktu lalu, dengan mata kepala sendiri detikriau menyaksikan sebuah kendaraan truk angkutan pasir BM. 83xx GA memacu kendaraannya tanpa sedikitpun memperdulikan lampu traffic light yang saat itu sedang berwarna merah. Untungnya saat itu kondisi lalu lintas sedang sepi.

Terkait permasalahan ini, Ketua LSM Gemilang Serumpun, Indra Jaya ketika dikomfirmasi terkait beberapa laporan warga ini berharap masukan ini jangan hanya dijadikan sekedar masukan tanpa adanya tindakan nyata dari pihak-pihak terkait. Dirinya meminta agar hal ini segera diambil tindakan dan dilakukan pengawasan sebelum menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan lainnya.

“Tolong pengaduan masyarakat ini jangan dianggap angin lalu. Segera lakukan pengawasan. Kalau pengaduan datanganya dari satu orang mungkin saja itu hanya kebetulan tapi kalau datangnya sudah dari beberapa orang, ini sepertinya sudah jadi kebiasaan para sopir. Segera tertibkan dan berikan sanksi tegas kalau memang kedapatan, sebelum ada korban dipihak masyarakat nantinya,” Kata Indra mengingatkan.

Kasi lalin Dinas Perhubungan Inhil, Azwan ketika dikomfirmasi terkait permasalahan ini menyatakan bahwa untuk penertiban sopir angkutan tersebut kewenangan berada di Kepolisian.

“Berdasarkan UU no 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kewenangan kita sudah sangat dibatasi. Melakukan penertiban itu, sesuai UU lebih tepatnya oleh bagian Lalu Lintas Kepolisian,” Jelas Azwan memberikan jawaban ketika di komfirmasikan melalui sambungan telepon selularnya, kamis (17/11/2011)

Kasad Lantas Polres inhil, Suratman, ketika dikomfirmasi terkait hal ini menyatakan pihaknya segera akan melakukan pemantauan.”Pelanggaran lalu lintas baru bisa ditindak apabila “tertangkap tangan”. Artinya, kita tidak bisa bekerja seperti misalnya bagian reskrim yang bisa melakukan pengembangan kasus. Saya sangat berterimakasih atas laporan ini. Dan tentunya kita tidak bisa bekerja sendiri tanpa adanya kerjasama dari masyarakat,”Ungkap Kasad Lantas memberikan komfirmasi.

Saat itu juga, dirinya berpesan apabila ada masyarakat yang melihat kejadian pelanggaran yang dilakukan sopir seperti itu segera dilaporkan dan dirinya berjanji untuk menindak. Bahkan Kasad Lantas juga mengaku sudah mendengar beberapa pengaduan dari masyarakat terkait hal ini.”saya akan segera berikan perintah personil kita untuk lebih fokus memantau terkait laporan ini.”Pungkasnya.(fsl)