April 18, 2024

RASUL: PENYALURAN ALKES TUNGGU INSTALASI OLEH TEHNISI

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) — PLT Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Indragiri Hilir, Rasul Alim berkeyakinan penyaluran Alat Kesehatan untuk beberapa rumah sakit yang ada di Kabupaten Inhil segera akan terealisasikan. Saat ini, pihak Diskes hanya menunggu tehnisi untuk melakukan instalasi beberapa peralatan.

“Secara Aadministrasi, seluruh persiapan untuk penyaluran alkes itu sudah kita siapkan, saat ini kita hanya menunggu tekhnisi untuk melakukan instalasi beberapa peralatan. Setelah semua selesai, insyaallah secepatnya kita akan salurkan.” Jawab Rasul melalui pesan singkat menjawab komfirmasi terkait batas waktu yang diberikan Komisi IV DPRD Inhil kepada Diskes untuk menyalurkan alkes tersebut.

Setelah diadakan melalui dana APBD Inhil Tahun anggaran 2010 yang lalu, mendekati hitungan satu tahun lamanya, alkes tersebut tidak juga disalurkan. Kondisi ini menimbulkan beberapa praduga ditengah-tengah masyarakat. Bahkan sebelumnya Dewan sempat menduga alkes ini keberadaannya sudah tidak diketahui lagi dimana rimbanya. Lebih mirisnya, sebahagian suara menduga alkes ini awalnya memang diupayakan untuk dipergunakan diluar peruntukkan.

Permasalahan ini sempat membuat Komisi IV DPRD Inhil dalam beberapa kali hearing dengan Diskes berbicara keras dan terus mendesak Diskes untuk segera menyalurkan. Dalam hearing terakhir, selasa (25/11/2011) yang lalu. Komisi IV memberikan ketegasan agar alkes ini disalurkan paling lambat satu bulan kedepan.

“Kita minta Diskes untuk segera distribusikan peralatan rumah sakit yang dibeli pada anggaran 2010 yang lalu. Untuk memastikannya, satu bulan kedepan kita akan kembali agendakan untuk panggil Dinkes guna memintakan pertanggungjawaban mereka,” Ujar Ketua Komisi IV DPRD Inhil, Kartika Roni dalam hearing oktober lalu. (fsl)