April 18, 2024

POL PP DIHARAP TERTIBKAN PEDAGANG JALAN JENDRAL SUDIRMAN.

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) – Ketua LSM Gemilang serumpun, Indra Gunawan meminta agar Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk segera melakukan penertiban kepada pedagang disepanjang jalan jendral sudirman. Menurut Indra, sebagai jalan protokol, jalan ini sudah selayaknya tertib dan bersih.

Cobalah anda perhatikan, jalan ini sekarang terlihat sangat kumuh dan kotor. Pedagang, khususnya pedagang buah di depan kawasan parkiran air mancur malah sudah mulai memakan badan jalan. Ruas jalan yang terbilang cukup sempit, ditambah padatnya arus lalulintas tentunya akan semakin membuat hilangnya rasa nyaman bagi pengguna jalan.”Keluh Indra menyampaikan uneg-unegnya ketika bertemu di Tembilahan, Jum’at (23/12/2011)

Lebih jauh malah indra menenggarai keberanian para pedagang mendirikan lapak-lapak dagangan ini mungkin telah mendapat restu dari oknum instansi tertentu.”Mana berani pedagang mendirikan lapak seenaknya begitu kalau tidak ada yang membekengi. Saya bukannya menuduh, tapi karena saya orang asli dikota ini dan cukup paham karakter masyarakatnya, saya berani bertaruh pasti ada oknum tertentu yang mengeruk keuntungan pribadi.” Sindir Indra.

Oleh karena itu Indra meminta agar instansi terkait jangan hanya tutup mata melihat kondisi seperti ini. Dirinya sangat menyayangkan kalau oknum-oknum seperti ini dibiarkan merajalela, komitmen dan usaha keras kota Tembilahan untuk menjadikan kota ini indah dan bersih akan menjadi sebuah usaha yang sia-sia.”makanya saya meminta agar petugas Pol PP untuk segera lakukan penertiban. Jangan nanti malah masyarakat melirik anda sengaja berdiam diri dan merestui semua ini karena mendapat keuntungan.” Pesan Indra mengingatkan.

Terkait permasalahan ini, Kepala satuan Polisi Pamong Praja, Marta hariadi ketika dihubungi melalui sambungan telepon selularnya mengaku, selaku penegak perda, intansinya siap untuk menjalankan tugas ini. Hanya saja menurutnya, instansi terkait yang lebih berwenang terhadap hal ini seharusnya terlebih dahulu melakukan upaya untuk penertiban itu. Kata Martha, Untuk lalulintas, tentunya Dinas Perhubungan yang lebih berwenang dan masalah pedagang tentu Dinas Pasar yang kini tergabung di Dinas Perdagangan yang lebih berkepentingan. “Mungkin saja karena pertimbangan pendapatan PAD instansi terkait memperbolehkan pedagang ini. Tapi kalau memang aktifitas pedagang ini dinilai sudah menggangu kenyamanan, seharusnya merekalah paling tidak terlebih dahulu bertindak dan apabila nantinya dimintakan kita untuk turun bersama, kita juga pasti siap,”Jelas Martha menjawab komfirmasi, Jum;at (23/12/2011).

Dari pantauan, khususnya pedagang yang memajang dagangan di depan kawasan parkiran air mancur jalan Jendral Sudirman ini membuat pemandangan kota menjadi kumuh dan terkesan kotor. Los-los dagangan buah yang berjejer tidak beraturan dan sedikit mulai memakan badan jalan menyebabkan arus lalulintas menjadi terganggu.

Lapak pedagang yang mempergunakan badan jalan ini bukan saja terdapat di depan kawasan parkir air mancur tapi hampir disekeliling kawasan parkiran ini tumpang tindih dipenuhi los-los kecil yang membuah kawasan ini menjadi kotor dan becek. Kalau memang serius untuk menjadikan kota tembilahan bersih, sudah saatnya instansi terkait untuk segera melakukan penertiban. (fsl)