Juli 18, 2024

Pemkab Tak Laksanakan Kegiatan Buka Bersama

Bagikan..

Silaturrahmi Warga dan Pejabat Inhil Inhil Makin Renggang

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Kegiatan buka bersama antara pejabat daerah dengan masyarakat, mestinya menjadi cerminan kedekatan antara masyarakat dengan pemimpin mereka. sehingga anatara pejabat dan masyarakat terjalin komunikasi yang baik dalam rangka memajukan daerah kearah yang lebih baik.

Selain itu tentunya, kegiatan seperti itu bisa menjadi ajang silaturrahmi dan upaya pemerintah dalam menyerap aspirasi yang berkembang ditengah masyarakat, sehingga nantinya dapat diketahui apa yang diinginkan oleh mereka dan kebijakan seperti apa yang nantinya bisa dilakukan demi kemaslahatan masyarakat.

Tidak kalah pentingnya kegiatan semacam itu, apa lagi dengan mengundang kaun duafa tentunya sangat dianjurkan oleh agama. Supaya mereka yang dalam kehidupan sehari hanya untuk makan saja mengalami kesulitan, bisa merasakan keindahan Ramadhan dengan mencicipi makanan yang mungkin hanya bisa mereka impikan saja.

Sayangnya untuk tahun ini, kegiatan semacam itu tidak sekalipun dilaksakan pejabat Inhil, khusus untuk kota Tembilahan. Hal ini paling tidak melambangkan, semakin jauhnya hubungan silaturrahmi anatara pejabat daerah dengan masyarakat Tembilahan.

“Setahu saya sudah dua tahun belakangan ini tidak ada yang namanya buka bersama di rumah Bupati seperti pada puasa sebelumnya. Padahal kegiatan semacam itu bernilai positif dalam rangka ajang silaturrahmi antara masyarakat dengan pejabat daerah,” kata Amin salah seorang warga Tembilahan, Ahad, (21/8).

Masih menurutnya, acara buka bersama dengan melibatkan kaum duafa, fakir, miskin, dan anak yatim seyogyanya melembangkan kepedulian pejabat dengan masyarakat, meskinya cuma setahun sekali. Tapi kalau untuk perihal seperti itu saja, tidak dilakukan, rasanya kepedulian dalam bentuk yang lain akan semakin sulit untuk dilaksanakan. “Menyantuni warga duafa setahun sekali dalam bulan Ramadhan saja tidak dilakukan, apa lagi untuk hal lainnya,” ujar Amin.

Informasi yang didapat oleh detikriau.wordpress.com minggu terahir ini pejabat Inhil akan melakukan acara buka bersama di Jakarta dan Pekanbaru. Meski kegiatan tersebut statusnya Pemkab diundang oleh kerukunan warga Inhil yang berdomisili disana, tapi anggaran untuk pergi kesana, tidak bisa dipungkiri dapat dipastikan menggunakan uang APBD Inhil, yang notabene adalah uang rakyat.

“Rasanya lebih bermanfaat dan bernilai ibadah kalau anggaran untuk pergi tersebut digunakan untuk buka bersama di Inhil. Serta buat menyantuni kaum duafa dan anak yatim di Inhil,” ujar Mar’i warga Tembilahan ketika dimintai tanggapannya, Ahad, (21/8). (drc02)