Mei 18, 2024

PEDAGANG KUE DADAKAN KEBANJIRAN PEMESAN

Bagikan..

Tembilahan (detikriau.wordpress.com) – Penjual kue kering dadakan di Kabupaten Inhil, Provinsi Riau, mulai kebanjiran pesanan dari masyarakat yang akan merayakan Idul Fitri 1432 H.

Salah seorang penjual kue kering dadakan di Kelurahan Tembilahan, Salawati, Senin, mengatakan, sejak pertengahan Ramadhan dirinya telah mendapatkan pesanan dari sejumlah masyarakat yang akan merayakan lebaran.

Menurut pengakuannya, hingga saat ini dirinya telah menerima puluhan pesanan dari masyarakat yang akan menghadapi lebaran dan diyakininya akan terus bertambah jelang lebaran nanti.

Untuk harga, kue kering yang dijualnya bervariasi mulai dengan harga Rp80.000 per toples, khusus untuk kue kering biasa dan sekitar Rp125.000 per toples untuk kue kering spesial. Ia mengaku, dengan harga tersebut dirinya mampu meraih untung hingga sekitar Rp. 30.000 per toples.

“Rata rata masyarakat memesan hingga dua sampai tiga toples kue kering, keuntungan yang didapat dari berjualan kue ini tidak banyak tapi lumayanlah untuk mencukupi kebutuhan kami menghadapi lebaran ini, karena harga bahan baku membuat kue kering masih mahal dipasaran, seperti mentega, telur dan terigu,” katanya.

Dirinya berharap pemerintah dapat menurunkan harga sembako tersebut agar selain masyarakat tidak terbebani secara ekonomi para penjual kue juga dapat untung yang lebih banyak pada lebaran ini.

Hal senada dikatakan, Rosnah salah seorang penjual kue kering dadakan lainnya di Kecamatan Tembilahan, ia juga mengaku telah menerima pesanan lumayan banyak sejak minggu kedua di bulan ramadhan kemaren.

“Kebiasaan menjual kue kering dadakan ini selalu saya lakukan jelang lebaran karena dapat untung yang lumayan. untungnya tentu bisa digunakan untuk berbagai keperluan menghadapi lebaran,” katanya.

Ia mengatakan, pesanan umumnya datang dari pegawai dan kalangan ekonomi menengah ke atas yang tidak mau repot membuat kue jelang lebaran.

“Masyarakat umumnya memesan kue karena tidak mau repot harus membuat kue lagi jelang lebaran sehingga mereka lebih memilih membeli kue jadi,” katanya.

Sementara itu, Reni salah seorang ibu rumah tangga mengatakan, dirinya lebih memilih memesan kue kering kepada penjual kue dadakan karena selain harga terjangakau, kualitas cukup terjamin dan yang jelas tidak perlu repot.

“Dibandingkan dengan kue kering yang dijual di pasaran, kue buatan dari penjual kue dadakan lebih bagus kualitasnya di samping harganya terjangkau,” Ungkapnya. (drc.01)