Juni 16, 2024

MTQ Kecamatan Kuindra Dibuka, Al-Quran Harus Diimplemintasikan

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)– Usai mengukuhkan forum RT/RW dan pengurus Posyandu, Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra), Malam harinya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membuka secara resmi MTQ Kecamatan Kuindra, Selasa (15/5).

Proses pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Kuindra, diawali dengan pawai takruf yang diikuti oleh berbagai eleman masyarakat, seperti pelajar, kelompok pemuda, majelis pengajian, tokoh pemuda maupun tokoh masyarakat setempat. Acara pembukaan MTQ tersebut, selain dihadir oleh Kepala BPMPD juga dihadiri oleh perwakilan LPTQ Kab. Inhil serta segenap undangan  dan tokoh agama.

Kepala Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuindra, Hasanuddin dalam sambutanya mengatakan, kepercayaan yang diberikan oleh pihak kecamatan untuk menyelenggarakan kegiatan penyebaran syiar agama ini tentu merupakan sebuah kehormatan dan kebaganggan tersendiri bagi warganya.

“Berkat kerja keras kawan-kawan, khususnya masyarakat kita, yang rela  bertungkus lumus dan bahu membahu hingga dapat terleksanakanya acara yang sangat mulia ini. Tentunya, kami atas nama panitia daerah, sangat berterima kasih karena telah mendapatkan kesempatan untuk menggelar MTQ tingkat kecamatan tahun 2012 ini,” sebut Hasanuddin.
Sementara itu Kepala BPMPD Inhil, H. Edy Syafwannur dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh masyarakt menjadikan momen itu sebagai momen melakukan intropeksi diri terhadap berbagai kesalahan, baik dilakukan secara sengaja maupun yang tidak sengaja.

Dikataknya, sebagai mana yang terdapat dalam isi kandungan Al Qur’an. “Implemintasikanlah dalam kehidupan sehari-sehari apa yang sudah terkadung dalam Al Quran,” Ujarnya.

Artinya dalam sambutan itu, Edy Syafwannur menginginkan kegiatan religi khususnya membaca, memahami dan mengkaji Al Qur’an jangan hanya dijadikan ajang musiman, namun terus dilaksanakan walaupun tidak dalam rangka kegiatan MTQ. “Kita tahu segala yang terkandung didalam ayat suci Al-Qur’an sangat luar biasa apa bila dapat diimplemintasika. Disamping itu, momen ini hendaknya bisa juga kita jadikan untuk lebih mempererat tali persaudaraan antar sesama umat islam. Jangan mudah terpropokasi  oleh hal yang tidak bertanggungjawab,” imbuhnya. (fen)