Ledakan Bom Mobil di Somalia Tewaskan 79 Orang - Arbindonesia
Desember 29, 2019

Ledakan Bom Mobil di Somalia Tewaskan 79 Orang

Bagikan..

Bom Mobil di Somalia. ©2019 REUTERS/Feisal Omar

ARB INdonesia, SOMALIA – Sedikitnya 79 orang tewas dan 149 terluka setelah bom mobil meledak di kawasan sibuk di pinggir ibu kota Somalia, Mogadishu pada Sabtu, menurut pejabat pemerintah.

Juru bicara pemerintah, Ismael Mukhtar kepada CNN menyampaikan pelaku mengendarai mobilnya menuju titik pemeriksaan “Ex-control Afgoye”, persimpangan terkenal yang menghubungkan Somalia selatan dengan ibu kota.

Mukhtar menambahkan, sejumlah mahasiswa turut menjadi korban tewas.

Serangan terjadi saat jam sibuk, sekitar pukul 08.00 waktu setempat. Korban tewas termasuk juga warga sipil dan tentara, kata polisi.

Polisi mengamankan pos pemeriksaan, tetapi ada juga kantor perpajakan yang terletak di dekatnya dan kawasan itu penuh dengan penduduk sipil dan pasukan keamanan.

Polisi mengingatkan jumlah korban tewas bisa bertambah karena banyak korban terluka yang dilarikan ke rumah sakit. Foto-foto dari TKP menunjukkan sejumlah kendaraan hancur dan minibus yang dipenuhi darah.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengonfirmasi dua warga Turki tewas dalam serangan tersebut.

“Semoga Allah merahmati kedua warga kami dan saudara-saudari Somalia yang meninggal dalam serangan keji tersebut,” tulisnya di Twitter, sebagaimana dilansir dari CNN, Minggu (29/12).

Cavusoglu menambahkan, Turki akan terus bersama Somalia melawan teror.

Serangan ini terjadi dua pekan setelah sedikitnya lima orang tewas dalam pertempuran tujuh jam di sebuah hotel di Mogadishu.

Pada Februari lalu, kelompok Al Shabaab mengklaim bertanggung jawab atas bom mobil di pusat perbelanjaan yang padat, yang menewaskan 10 orang. Kelompok tersebut juga berada di balik serangan tiga bom mobil pada November lalu yang menewaskan 52 orang dan 100 orang lebih terluka.

Sumber merdeka.com
https://m.merdeka.com/dunia/ledakan-bom-mobil-di-somalia-tewaskan-79-orang.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *