April 18, 2024

Kapolres Baru, PWI dan AJI Minta Terjalin Kemitraan Lebih Erat dengan Jurnalis

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) — Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indragiri Hilir mengharapkan dengan bergantinya pimpinan Polres Inhil dapat terjalin kemitraan yang erat dengan kalangan jurnalis di Indragiri Hilir.

 

Pernyataan ini dikemukakan dua organisasi pers ini, karena  selama kalangan pers liputan Indragiri Hilir merasa akses informasi dengan kalangan kepolisian belum begitu terbuka dan terjalin dengan baik.

 

“Kita tentunya berharap dengan kepemimpinan Kapolres Inhil yang baru ini, maka dapat terjalin kemitraan dan akses informasi yang lebih terbuka kepada kalangan wartawan yang bertugas di Inhil,” ungkap Wakil Sekretaris PWI Perwakilan Inhil, M Yusuf kepada, Jum’at (18/11/11).

 

Lanjutnya, padahal antara pihak kepolisian dan kalangan wartawan harus terjalin komunikasi yang bagus dan akses informasi yang lebih terbuka. Sehingga jika ada permasalahan yang perlu dikonfirmasikan kalangan wartawan dapat direspons dengan baik oleh jajaran kepolisian.

 

Hal senada juga dikemukakan M Faisal, AJI Pekanbaru Perwakilan Indragiri Hilir. Ia mengakui bahwa selama ini memang kalangan wartawan liputan Inhil merasakan kurangnya ‘kedekatan’ dengan jajaran kepolisian, padahal antara wartawan dan kepolisian harus terjalin hubungan yang sinergis, terutama dalam pemberitaan yang terkait penegakan hukum di Inhil.

 

“apapun sebutannya, kemitraan kepolisian dengan pers sudah merupakan suatu keharusan. Sebagai aparatur Negara yang mengemban amanah denngan predikat pengayom masyarakat, tentunya tidaklah berlebihan seluruh aktifitas kepolisian dapat terpublikasi secara terbuka agar masyarakat mengerti sejauhmana peran dan fungsi yang telah dijalankan abdi pengayom masyarakat ini.” Ujar Faisal.

 

Dirinya beralasan, dengan kedekatan, pers tentunya lebih dapat menyampaikan secara objektif kepada publik melalui media mengenai berbagai kebijakan dan kegiatan Polres Inhil dalam penegakan hukum  dan penanganan tindak kejahatan di Inhil. (njd)