Juni 16, 2024

HIGHWAY TEMPULING MANDAH MEMANG TIDAK ADA DANA PENGGANTI.

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Kadis PU Kabupaten Indragiri Hilir Ir HM Nasir, mengungkapkan bahwa didalam pembahasan proyek jalan highway Tempuling –  Mandah antara eksekutif dan legislatif memang tidak menganggarkan dana ganti rugi lahan perkebunan yang terkena pembangunan ruas jalan tersebut. Makanya pihaknya, jauh-jauh hari sudah meminta kepada pihak-pihak terkait seperti Kepala Desa dan Camat, untuk mensosialisasikan ini kemasyarakat dan meminta kerelaan masyarakat atas lahan mereka yang terkena.

Ungkapan itu disampaikanya, kepada wartawan ketika disinggung terkait adanya tuntutanan masyarakat yang meminta ganti rugi lahan perkebunan mereka yang terkena proyek tersebut, bahkan sudah ada warga yang melaporkan ke DPRD Inhil terkait persoalan ini.

“Saya tegaskan memang tidak ada dianggarkan untuk ganti rugi atas lahan perkebunan warga yang terkena. Jauh-jauh hari persoalan ini sudah kita sampaikan  untuk menghindarkan hal-hal yang tidak diiinginkan dibelakang hari,” kata Nasir, Selasa, (4/10/2011).

Masih menurut yang bersangkutan, pada saat disampaikan, warga sudah setuju. Bahkan banyak dari mereka yang merelakan tanah mereka dilewati ruas jalan dalam rangka mendukung proyek tersebut. “Pernyataan persetujuan tersebut sudah mereka tandatangani dan dipegang oleh pihak desa. Selain itu kita memang sudah meminimalisir lahan warga yang mungkin mereka tidak setuju,” ujarnya.

Terkait dengan adanya pengaduan warga ke DPRD Inhil menyangkut persoalan ini, Kadis PU meminta dewan untuk memberikan penjelasan seseuai dengan fakta yang ada. Sebab dalam pembahasan yang lalu, persoalan ini sudah diketahui oleh pihak dewan, dan tidak diputuskan oleh eksekutif sendiri.

“Ketika proyek ini sudah diperdakan, tentunya menjadi tanggungjawab kita bersama. Makanya kita meminta kepada Dewan untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait adanya tuntututan segelintir warga atas lahan mereka yang terkena jalan highway tersebut,” katanya.(suf)