Juli 18, 2024

DISBUDPAR INHIL ADAKAN LOMBA DA’I dan DA’IYAH

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) – Dalam rangka untuk meningkatkan kulitas sumber daya manusia (SDM) bagi para pemuda dan pemudi merupakan keharusan bagi setiap Bangsa dan Negera. Maka dari itu Dinas Pemuda Olahaga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Indragiri Hilir (Inhil) menaja lomba Da’i dan Daiyah muda se Inhil.

 

Kepala Disporabudpar Inhil, H Muktar T, menyatakan kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pemahaman terhadap generasi muda tentang pengaruh negatif yang sedang dihadapi bangsa ini. Dimana diketahui banyak diberbagai daerah terjadinya penurunnan komunitas masyarakat dalam menjunjung tinggi nilai-nilai agama.

 

“Kompleksitas persoalan yang dihadapi pemuda-pemudi mengharuskan seluruh komponen mansyarakat secara bersama-sama untuk memberikan solusi guna mengatasi pemuda- pemudi dari segala masalah,” sebut Muktar T, saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

 

Oleh sebab itu, pihaknya sangat merasa bersukur atas kehadiran undang-undang Nomor 40/2009 tentang kepemudaan. Dengan adanya undang-undang ini, lanjutnya, maka pembangunan kepemudaan akan lebih jelas, terarah dan mengalami kemajuan yang terukur, khusnya pada aspek penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan potensi pemuda-pemudi.

 

“Da’i dan Daiyah harus mampu menjadi pelopor terdepan untuk memperbaiki dan memberikan contoh guna perbaikan moral para genarasi muda. Kita harus berani mengungkapkan kesalahan-kesalahan moral yang dapat merusak pemuda dan pemudi,” paparnya.

 

Sebagai bagian terbesar dari jumlah penduduk, pemuda-pemudi harus dijadikan sasaran prioritas dalam upaya peningkatan SDM, sehingga menjadi generasi penerus yang maju dan mandiri. Dimana untuk menjadi pemuda dan pemudi mandiri, harus memiliki keterampilan, kreatipitas, inovasi, etos kerja, produktifitas dan daya saing yang tinggi.

 

“Dalam menyebarkan Syiar Aama Islam, menurut Muktar T, Da’I dan Daiyah harus tetap berdakwah dengan cara santun dan tidak merusak nilai-nlai yang terkandung didalam Alquran dan Hadis,” tukasnya, sambil mengatakan kegiatan serupa terus akan digalakan pada tahun-tahun mendatang.

 

Semantara itu, salah seorang dewan juri Ustad H Jayadi, yang juga merupakan tokoh Agama Inhil, menyambut baik dan memberikan apresiasi positif. Dengan itu atas nama ulama ia berharap, iven ini dapat di informasikan lebih luas dikalangan masyarakat.

 

“Ajang ini sebagai ajang meningkatkan semangat pemuda mendalamkan agama. Sebab ini merupakan salah satu media menyampaikan dakwah,” tutupnya.(***)