Dinkes Inhil Wacanakan Pelatihan Public Speaking - Arbindonesia
Mei 15, 2015

Dinkes Inhil Wacanakan Pelatihan Public Speaking

Bagikan..

“Siapkan Tenaga Promkes Yang Kuasai Teknik Bicara Efektif dan Menarik”

DSC_3964TEMBILAHAN (detikriau.org) – Jika tidak ada aral melintang, mulai Senin (18/5/2015) hingga Rabu (20/5/2015) nanti, Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hilir (Inhil) akan menggelar pelatihan Public Speaking bagi petugas promosi kesehatan (promkes) dan bidan desa se-Kabupaten Inhil.

Kegiatan yang rencananya dipusatkan di aula Hotel Telaga Puri Tembilahan ini, bertujuan untuk menyiapkan tenaga promkes yang menguasai teknik berbicara efektif dan menarik dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat.

Kepala Dinkes Inhil, DR Hj Alvi Furwanti Alwie melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan, Pengendalian Kemitraan dan Promkes, NS Matzen mengatakan, Public Speaking adalah salah satu keterampilan yang dapat dilatih dan dipraktekan untuk memberikan manfaat sesuai dengan kebutuhan audience, seperti menyampaikan informasi, memotivasi, membujuk dan mempengaruhi orang lain, serta lain sebagainya.

“Public Speaking juga merupakan seni berbicara di depan umum atau publik tentang suatu topik tertentu secara lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, serta memberikan penjelasan dan informasi,” tutur Matzen saat ditemui detikriau.org di ruang kerjanya, Jum’at (15/5/3015).

Sementara itu, apabila dilihat situasi sekarang ini, masih terdapat sejumlah kelemahan dalam teknik komunikasi pada tenaga promkes kecamatan dan desa.

“Jadi, melalui pelatihan ini diharapkan tidak ada lagi petugas promkes yang takut ketika berbicara di depan umum, serta akan bisa mempraktekan keterampilan yang didapatkan, dalam upaya menyebarluaskan pengetahuan dan nilai promkes kepada masyarakat,” terang Matzen.

Adapun tujuan lain dari pelaksanaan Public Speaking ini, adalah agar para peserta mampu memahami dasar dan elemen public speaking, teknik presentasi efektif, teknik vokal dan mampu mensimulasikan public speaking yang baik.

“Peserta dalam kegiatan ini nantinya berjumlah sebanyak 54 orang, yang terdiri dari petugas promkes dan bidan desa di seluruh Puskesmas di Kabupaten Inhil,” imbuhnya.(adi/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *