Juli 18, 2024

Dewan Belum Bahas KUA PPAS Pengesahan APBD 2012 Dipastikan Kembali Molor.

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) — Kebijakan Umum Angganran (KUA) Plapon Perencanaan Anggaran Sementara (PPAS) dari pihak eksekutif masih belum diserahkan ke legislatif. Kondisi itu pembahasan dan pengesahan RAPBD untuk tahun anggaran 2012 mendatang dipastikan akan molor kembali.

“Sampai sekarang KUA PPAS belum juga masuk ke dewan, persoalan itu tentunya membuat pembahasan dan pengesahan RAPBD tahun anggaran jadi tertunda,” kata Ketua Komisi II HM Yunus saat berbincang-bincang di ruangan kerjanya, Kamis (10/11).

Mestinya,  pengesahan APBD bisa diakhir tahun, dan pada awal tahun anggaran sudah mulai bisa berjalan, pada November ini sudah mulai dilakukan pembahasan RAPBD. Tapi seperti tahun-tahun sebelumnya, tahapan-tahapan pembahasan anggaran selalu terkendala.

Sementara itu Anggota Komisi II lainnya, Bakri H Anwar terkait persoalan KUA PPAS yang hingga sekarang masih juga belum masuk mengatakan bahwa dalam setiap kesempatan dewan sering mengingatkan persoalan tersebut. Tapi kenyataan yang terjadi, persoalan yang sama terus saja berulang.

“Kita sudah sering mengingatkan pihak eksekutif agar pembahasan ¬† RAPBD bisa tepat waktu. Tapi nyatanya tetap sama aja,” kata Bakri.

Molornya pengesahan APBD nantinya tentu akan berimbas pada masyarakat. Berbagai program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat dan bisa dinikmati secepatnya jadi terkendala hanya karena persoalan RAPBD yang belum disahkan

Padahal, proses lainnya seperti pelelangan juga membutuhkan waktu. Belum lagi nantinya kalau ada sanggahan dari rekanan kontraktor, tentunya makin memperpanjang proses yang terjadi.

Imbas dari berbagai kondisi diatas adalah waktu pengerjaan berbagai proyek fisik yang mepet. Mau tidak mau, itu nantinya akan berimbas pada kualitas proyek. Apalagi mendekati akhir tahun, pasang tinggi, dan musim penghujan tiba. tentu berbagai proyek fisik jadi terkendala pelaksanaannya.(Njd)