Ada Bercak Putih dan Mati Rasa di Kulit? Cek ke Puskesmas, Bisa Jadi Kusta - Arbindonesia
Maret 30, 2014

Ada Bercak Putih dan Mati Rasa di Kulit? Cek ke Puskesmas, Bisa Jadi Kusta

Bagikan..

143327_kustaJakarta, Penyakit apa pun jika tak ditunda untuk didiagnosa dan diobati tentu akan lebih besar peluangnya untuk sembuh, tak terkecuali kusta. Sering disebut-sebut sebagai penyakit kutukan Tuhan, banyak orang menunda berkonsultasi karena malu akan stigma tersebut.
“Kusta dapat dicegah dan disembuhkan tanpa cacat bila ditemukan sedini mungkin, terlebih lagi obatnya, yaitu MDT, dapat diakses gratis di puskesmas,” terang Menteri Kesehatan RI, dr Nafsiah Mboi, SpA, MPH, saat membuka acara jalan santai menyambut perayaan Hari Kusta Sedunia yang diadakan di kawasan Tugu Monas, Jakarta, Minggu (30/3/2014).
Kusta merupakan penyakit yang disebabkan oleh basil berbentuk batang yang disebut Mycobacterium leprae, atau yang sering disingkat sebagai M. leprae. Basil tersebut memberikan dampak terutama pada kulit dan saraf. Gejala awal munculnya penyakit kusta biasanya berupa bercak pada kulit. Bercak-bercak ini muncul disertai dengan hilangnya rasa atau mati rasa di area yang yang terkena.
“Ada bercak-bercak putih dan mati rasa, itu saja sudah cukup bagi seseorang untuk konsultasi ke puskesmas. Tidak perlu ke rumah sakit besar. Nanti akan dicek di puskesmas dan jika positif akan diberi obat gratis. Jadi jangan ditunda-tunda agar bisa sembuh sempurna,” lanjutnya.
Selain memberikan obat gratis, Nafsiah juga menyebutkan bahwa upaya promotif-preventif juga penting, salah satunya dengan upaya sosialisasi untuk orang-orang yang bergaul dengan mereka yang didiagnosa kusta. “Semua yang bergaul dengan dia itu diajak. Jadi kalau mereka sudah tahu cara penularannya, mereka tidak mudah terinfeksi,” pesan Nafsiah.
Kusta diduga ditularkan melalui udara, tetesan air hidung, atau mulut selama berada dekat dengan orang yang mengalami kusta dan sering kontak dengan kasus-kasus infeksi yang tak diobati. Meskipun begitu, kusta termasuk salah satu penyakit yang paling sedikit menular dibandingkan penyakit menular lainnya.
Sumber: http://health.detik.com/read/2014/03/30/143236/2540905/763/ada-bercak-putih-dan-mati-rasa-di-kulit-cek-ke-puskesmas-bisa-jadi-kusta?991104topnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.