Wabup Inhil Buka STQ Kelurahan Benteng Tahun 2017 - Arbindonesia
April 26, 2017

Wabup Inhil Buka STQ Kelurahan Benteng Tahun 2017

Bagikan..

SUNGAI BATANG (detikriau.org) – Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Rosman Malomo membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Kelurahan Benteng, Senin (25/4/2017) malam. Kegiatan tersebut dipustkan di Pendopo Kelurahan Benteng Kecamatan Sungai Batang. Saat itu turut dihadiri Camat dan Upika Kecamatan serta Kepala Desa se-Kecamatan Sungai Batang.

Berdasarkan jadwal, STQ akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 25-27 April 2017 yang diawali dengan pelepasan pawai taruf pada Senin sore. Disamping itu juga diramaikan dengan 12 stand. Dan lebih penting lagi, STQ ini mempertandingkan 3 cabang yaitu Cabang Fahmil, Cabang Syarhil dan Cabang Tilawah dengan jumlah total peserta sebanyak 105 orang.

Wabup mengatakan, salah satu program Kabupaten Inhil adalah menumbuhkan Program Maghrib mengaji dengan maksud mengisi waktu maghrib dengan mempelajari, membaca dan memahami Al-Quran bagi masyarakat Kabupaten Inhil.

Tujuannya adalah mempersiapkan generasi Qur’ani yang memahami tentang pokok-pokok ajaran Islam dan mengangkat buta aksara Al-Quran sehingga membentuk pribadi yang berakhlakul karimah yang memiliki karakter keagamaan yang kuat.

“Terkait STQ, kita upayakan untuk mendorong dan menyamangati masyarakat untuk terus mempelajari Al-Quran. Karena Al-Quran menurut umat Islam adalah Hudallinnas atau petunjuk bagi umat manusia,” ungkapnya.

Al-quran dalam arti harfiah, sambungnya, berarti bacaaan sempurna merupakan karena sejak manusia mengenal tulis baca 5000 tahun yang lalu belum ada yang bisa menandingi Al-Quran. Tidak ada bacaan seperti Al-Quran yang dipelajari tidak hanya susunan redaksi dan pemilihan kosakatanya.

Tetapi juga kandungan yang tersurat, tersirat bahkan sampai kepada kesan yang ditimbulkan semua dituangkan dalam jutaan jilid buku yang kesemuanya itu mengandung kebenaran dan Al-Quran layaknya sebuh permata yang memancarkan cahaya berbeda-beda sesui dengan sudut pandang masing-masing.

“Penyelenggeraan MTQ tingkat Kabupaten Inhil tahun 2017 akan dilaksanakan di Pulau Kijang Kecematan Reteh, untuk itu STQ tingkat Kelurahan ini adalah persiapan menuju STQ tingkat kecamatan dan Kabupaten bahkan ke jejang yang lebih tinggi. Diharapkan dapat memanfaatkan sarana ini untuk benar-benar menseleksi para Qori dan Qoriah,” tutupnya./ADV/Mirwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *