Juli 18, 2024

UN SMA SEDERAJAT BERJALAN LANCAR.

Bagikan..

Untuk Inhil, Sampai Hari Terakhir Tidak Ada laporan Kebocoran Soal Maupun Beredarnya Kunci Jawaban.

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) – Ketua Panitia Ujian Nasiona (UN) Kabupaten Indragiri Hilir, Sarlan menyebutkan sampai hari terakhir pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat berjalan dengan lancar. Walaupun sempat ada sedikit permasalahan seperti kekurangan soal namun sudah bisa ditangani. Sampai hari terakhir ini juga untuk Kabupaten Indragiri Hilir menurutnya belum ada laporan tentang terjadinya kebocoran soal .

“Kita belum menerima adanya laporan kebocoran soal. Baik itu dari Tim Pemantau Independent (TPI) maupun dari beberapa Tim pemantau UN lainnya. Kita juga sudah pertanyakan hal ini kepada beberapa sekolah dan kita tidak menemukan adanya indikasi kebocoran soal,”Ujarnya ketika dimintai komfirmasi detikriau.org di Kantor Dinas Pendidikan Inhil, Kamis (19/4).

Ditambahkan Sarlan, pemberitaan dibeberapa daerah tentang beredarnya kunci jawaban UN melalui pesan singkat juga tidak ditemukan di Inhil. Untuk mengantisipasi ini, seluruh peserta UN memang tidak dibenarkan membawa alat komunikasi kedalam ruang ujian.

Sedangkan Untuk lebaran Jawaban Ujian Naional (LJUN), tingkat SMK, sudah dikirim ke Pekanbaru. Untuk tingkat SMA, hari ini sedang dalam tahap pengumpulan. “SMK, UN hanya tiga hari, begitu selesai ujian, lembar jawaban langsung kita kumpulkan, di lak dan semalam (rabu (18/4) setelah terkumpul langsung kita berangkatkan. Untuk SMA, karena ada beberapa wilayah kecamatan di Inhil yang cukup jauh maka paling lambat besok sudah terkumpul dan segera kita berangkatkan,” Jawab Sarlan memberikan penjelasan.

Dalam kesempatan itu juga, Sarlan menjelaskan bahwa lembaran soal dan jawaban UN untuk tingkat SMP/MTsN, Rabu (18/4) sekira pukul 21.30 Wib sudah tiba dengan pengawalan petugas kepolisian dari Polda Riau dan Polres Inhil.”Kita terima sebanyak 276 kotak. Untuk masing-masing kotaknya berisi 4 mata pelajaran. Begitu tiba amplopnya langsung kita hitung untuk mengantisipasi kalau adanya kekurangan. Tapi bukan berarti amplopnya kita buka, kita hanya melakukan penghitungan amplopnya. Kita rencanakan, besok, Jum’at (20/4) sudah mulai kita distribusikan.”Pungkas Sarlan.(fsl)