Juni 15, 2024

UAS Ditargetkan Lulus 97 Persen

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)– Dinas Pendidikan kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mentargetkan dalam pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 14 April dengan tingkat kelulusan 97 persen.

Saat ini sebanyak 29.384 siswa se- Inhil yang akan mengikuti UN, diantaranya terdiri dari  13.727 sisiwa kelas VI SD/MI Negeri dan Swasta. Adapun yang sedang mengikuti UAS, sebanyak 9.618 siswa kelas IX  MTs/SMP, serta 6.039 siswa kelas III SMA sederajad.

“ada sebanyak 13.727 siswa SD/MI yang tengah mengikuti UAS, yang berasal dari 458 SD Negeri, 48 SD Swasta, 2 MI Negeri, dan 179 MI Swasta. Dari hasil UAS nantinya, kita harapkan hasil yang terbaik, setidaknya di targetkan mendapatkan hasil 97 persen,” harap Kepala Dinas Pendidikan Inhil, Fauzar

Ditambahkanya, sesuai dengan ketetapan Menteri Pendidikan Nasional atas regulasi hasil Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung nantinya, kelulusan akan ditentukan berdasarkan perhitungan rata-rata nilai Ujian Akhir Semester (UAS) Siswa dan UN.

Hasil UAS yang nantinya akan di gabung dengan hasil UN juga sangat menentukan untuk kelulusan siswa. Dan hal ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana hasil UN sebagai tolak ukur kelulusan siswa yang banyak merugikan siswa berprestasi dan membuat siswa mengalami depresi.

Sebagai tolak ukur kelulusan siswa, maka hasil kelulusan ditentukan dari perhitungan rata-rata nilai UAS dan UN, dimana nilai rata-rata minimalnya adalah 5,5, yang di dapat dari hasil perhitungan 40 persen hasil UAS dan 60 persen dari hasil UN.

“Disini nilai semester juga menentukan kelulusan siswa,” ujarnya. Dengan adanya ketentuan yang baru saat ini, kata Fauzar, tentu akan memperbesar peluang peningkatan kelulusan siswa di daerah.(fen)