Seluruh Pihak Terkait Diminta Dukung Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif - Arbindonesia
Mei 16, 2015

Seluruh Pihak Terkait Diminta Dukung Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif

Bagikan..

desi-1TEMBILAHAN (detikriau.org) – Seluruh pihak terkait, mulai dari Kepala Desa/Lurah, Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), Perangkat Desa/Kelurahan hingga lembaga kemasyarakatan diminta, untuk mendukung pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif.

Permintaan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, DR Hj Alvi Furwanti Alwie melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pengendalian Kemitraan dan Promosi Kesehatan, NS Matzen Msi saat ditemui detikriau.org di ruang kerjanya, kemarin.

Dikatakan Matzen, upaya mendukung pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif ini, dapat dilakukan dengan langkah-langkah memfasilitasi siklus pemecahan masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat, diantaranya melalui pengenalan kondisi Desa/Kelurahan, identifikasi masalah kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Selanjutnya, dengan melakukan musyawarah Desa/Kelurahan, perencanaan partisipatif, pelaksanaan kegiatan dan pembinaan kelestarian Desa/Kelurahan Siaga Aktif,” tutur Matzen.

Adapun berbagai kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan Desa/Kelurahan Siaga Aktif, yakni pelayanan kesehatan dasar, yang meliputi pelayanan kesehatan untuk ibu hamil, ibu menyusui, anak dan pelayanan survailans (pengamatan penyakit).

Selain itu, lanjut Matzen, kegiatan lainnya yang perlu dilakukan adalah memberdayakan masyarakat melalui Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM), yang difokuskan pada upaya survailans berbasis masyarakat, kedaruratan kesehatan dan penanggulangan bencana, serta penyehatan lingkungan.

“Sesuai dengan komponen Desa/Kelurahan Siaga Aktif, yang perlu juga dilakukan oleh berbagai pihak terkait adalah menyangkut pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat,” terangnya. (adi/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *