Juli 18, 2024

RSUD PH Kunker ke RSUD Mawardi Solo

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)– Managemen RSUD Puri Husada (PH) Tembilahan  menjadwalkan kunjungan kerja (kunker) ke RSUD Mawardi Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Demikian dikatakan Direktur RSUD PH dr Iriyanto, Selasa (17/4). Menurutnya, selain melibatkan managemen RSUD PH, kujungan tersebut juga melibatkan pihak Pemkab Indragiri Hilir (Inhil), yang dalam hal ini diwakili oleh Sekdakab Inhil, H Almuddin, Asisten III Bidang Administrasi, Hj Djamilah, Kepala Bappeda, Alvi Furwanti Alwie, Kepala Inspektorat, Hj Iriyanti Serta Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP).

Diungkapkanya, kunjungan ini dalam rangka mempelajari persiapan RSUD PH menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Penuh, yang diharapkan realisasinya pada Oktober 2012 mendatang sudah berjalan dan dikeluarkan Surat Keputusan (SK) BLUD itu oleh Pemkab Inhil.

“Alasan kita RSUD Mawardi Solo merupakan salah satu pelopor BLUD, makanya kita memilih daerah itu,” sebutnya.

Pengelola Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) yang diterapkan RSUD Mawardi Solo merupakan salah satu cara untuk mengatasi masalah birokrasi keuangan yang selama merupakan hambatan yang kerab dialami tiap-tiap RSUD.

Antara lain persiapan menuju BLUD Penuh memiliki banyak persyaratan, diantaranya syarat administrasi seperti adanya dokumen Standar Pelayanan Minimal (SPM) Laporan Keuangan, Rencana Strategi Bisnis (RSB) Pola Tata Kelola, Pernyataan Siap di Audit oleh Tim Independen, dan Pernyataan Siap Meningkatkan Kinerja.

“Kita berharap Januari 2013 RSUD PH sudah menerapkan system BLUD Penuh,” imbuhnya.(fen)