Pi Network Punya Pasar Online Terbesar Namanya Pi Chain Mall, Kepoin di Sini! - Arbindonesia
Januari 14, 2023

Pi Network Punya Pasar Online Terbesar Namanya Pi Chain Mall, Kepoin di Sini!

202301121342-main.cropped_1673508743

Pi Network punya marketplace online terbesar untuk jual-beli barang dan jasa. (Foto; Dok. Techridez)

Bagikan..

ARB INdonesia, JAKARTA – Pi Network, proyek kripto yang dikembangkan secara diam-diam dalam beberapa tahun belakangan akhirnya mencuri perhatian publik. Belum lama ini Pi Network meluncurkan program Pi Hackhathon, tanpa diduga acara tersebut berhasil mengundang ribuan pengembang.

Selain itu, Pi Network rupanya punya e-commerce sendiri, yakni Pi Chain Mall (PCM). Ini adalah salah satu aplikasi terdesentralisasi (DApps) terbesar dalam Pi Network. PCM memungkinkan pengguna global untuk membeli, menjual, dan memperdagangkan berbagai barang dan jasa dengan menggunakan token Pi sebagai alat transaksinya.

Kemunculan Pi Chain Mall sendiri hampir berbarengan dengan pengembangan Pi Network sejak awal. Bedanya, Pi Chain Mall ini adalah pemenang Pi Network Hackhathon pertama yang digelar pada Oktober 2021.

Dalam gelaran itu, PCM didapuk sebagai pemenang Pi Network Hackathon. PCM terpilih sebagai aplikasi bisnis terbaik kedua dalam acara tersebut, setelah Pi Workforce Pool, platform yang didesain khusus untuk perekrutan pekerjaan.

Pi Chain Mall bisa berkembang sejaih ini “sejauh ini dari April 2021 hingga sekarang. Kami membangun komunitas bersama. Kami berbagi cerita luar biasa bersama. Kami menunjukkan rasa syukur atas 300 ribu pengikut twitter!” tulis pengembang Pi Chain International @pichainmall, pada 7 Desember 2022 lalu.

Cara Kerja Pi Chain Mall

Pi Chain Mall bekerja dengan sangat sederhana. Pengguna dapat membuat profil, menautkannya ke Pi Wallet mereka, dan mulai membeli dan menjual produk. Tidak diperlukan KYC sepenuhnya untuk bergabung dengan Pi Chain Mall, setidaknya untuk saat ini. Meski begitu, ketika Pi Network meluncurkan mainnet-nya, maka semua anggota Pi harus melakukan verifikasi KYC.

Jaringan PCM bersifat global, dengan anggota yang masuk dari China hingga Nigeria. Para pengguna berdagang dan terlibat dalam bisnis hampir setiap menit setiap hari, menurut smart contract pembayaran PCM di Pi Blockexplorer.

“Pada dasarnya, kami memiliki transaksi di blockchain setiap menit. Kami juga merupakan aplikasi Pi yang paling aktif berdasarkan jumlah transaksi setiap hari,” kata Edwin, Manajer Komunitas Global PCM, dikutip BSC.

“Meskipun kami masih berada di mainnet tertutup dan sebagian besar Pioneer belum mendapatkan KYC,” tambahnya.

Sebagai informasi, Pioneer adalah pengguna aplikasi mobile Pi dan juga menjalankan software node Pi dalam perangkat laptop atau komputer mereka. Para Pioneer juga mendapatkan koin Pi dari peran mereka dalam memvalidasi jaringan.

Masih Pengembangan

Karena dikembangkan secara tertutup, Pi Network belum bisa terintegrasi dengan jaringan lain. Pengguna awal saat ini juga belum bisa mengonversi koin Pi mereka ke uang fiat. Namun, ke depannya, terutama pasca peluncuran mainnet, Pi Network akan dapat terhubung dengan jaringan lain yang memungkinkan pengguna untuk mencairkan koin mereka.

Dalam keterbatasan ini, pengguna Pi Chain Mall belum bisa menautkannya ke layanan keuangan apa pun, sehingga mau tidak mau Pi Coin mereka akan tetap berada di aplikasi Pi Network.

“Saat ini, pengguna PCM hanya dapat menjual produk untuk mendapatkan Pi. Tetapi Pi yang mereka peroleh tidak dapat ditarik atau digunakan untuk membeli barang lain. Hal ini membatasi peredaran Pi di platform kami,” lanjut Edwin, Manajer Komunitas Global PCM.

Layanan Penarikan Pi

Meski begitu, pengembang Pi akan menghadirkan layanan penarikan atau withdrawal dalam waktu dekat. Dengan begitu pengguna dapat menariknya dari aplikasi Pi Network dan mengirimkannya ke dompet pribadi mereka. Hal tersebut disampaikan oleh Manajer Komunitas PCM.

“Namun, PCM akan membuka penarikan bulan depan. Dan pengguna dapat menariknya dari aplikasi PCM ke dompet pi mainnet mereka. Ini akan menjadi momen yang berarti dan bersejarah bagi kami, di mana pengembangan aplikasi ekologi pi akan memasuki level baru. Dan Pi akan menghasilkan lebih banyak nilai karena mereka diedarkan dengan lebih baik,” kata pihak Pi Chain Mall.

Tim Pi Chain Mall menjaga hubungan baik dengan banyak proyek di Pi Ecosystem. Tim ini juga berhubungan dekat dengan anggota Tim Inti Pi dan dapat memasukkan permintaan pembaruan untuk meningkatkan pengalaman Pi Network secara menyeluruh.

Saat ini Pi Chain Mall dapat diakses melalui ponsel dan browser. Selain itu, pengguna juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Pi Network dan Pi Browser. Sebagai informasi tambahan, Pi Network adalah proyek penambangan seluler berbasis blockchain. Pi Network punya misi untuk memberikan akses sistem keuangan dalam bentuk cryptocurrency ke semua orang.

Sumber: Voi.id










Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *