Juni 16, 2024

PERTENGAHAN MEI 2012, BPMPD MULAI SOSIALSIASIKAN PROGRAM DM

Bagikan..

TEMBILAHAN (WWW.DETIKRIAU.ORG) – Pertengahan Mei 2012 ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mulai menggelar sosialisasi program pembedayaan desa menuju Desa Mandiri (DM). Itu menandai proses awal pelaksanaan program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil di lapangan.

Kendati terdapat  terdapat lebih 30 desa pemekaran baru, namun program tersebut tetap akan dilaksanakan secara serentak. Program yang sudah berjalan lebih dari enam tahun itu seperti sebelumnya dimasudkan untuk mensukseskan program K2I. “Insya Allah, jika tidak ada aral melintang pertengahan bula ini (Mei 2012, red) sudah kita gelar sosialisasinya,” ungkap Kelapa BPMPD Inhil, H Edy Syafwannur, Jumat (04/5).

Hal yang amat diharapkanya kedepan, jika program itu sudah dilaksanakan oleh seluruh desa, diharapkan semua pihak dapat  menjalankanya sesuai dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan. Dalam pelaksanaan dilapangan, lanjut Iwan, sapaan akrab Edy Syafwannur, tiap desa berhak menentukan pilihan program sesuai dengan kebutuhan.

Tapi apa yang dilaksanakan itu tidak terlepas dari mengutamakan semangat kebersamaan seluruh komponen tiap-tiap desa. Sebab, selama ini dalam menentukan rencana dalam pembangunan desa, BPMPD selalu memberikan kebebasan sendiri. “Jangan sempat mengabaikan rasa kebersamaan. Tanamkan semangat kegotongroyongan,” harapnya berpesan.

Sebagaimana tujuan, desa mandiri merupakan program Pemkab Inhil, yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat mulai dari perkotaan hingga sampai kepelosok-kepelosok desa. Melalui program ini masyarakat secara kelambagaan dapat diperdayakan. Artinya desa berhak dan menentukan apa yang menjadi kebutuhannya.(fen)