Maret 4, 2024

Peningkatan Jalan Teluk Pinang Dianggarkan 9,7 M

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)– Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) anggarkan peningkatan jalan lintas Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka, menuju Kelurahan Teluk Pinang Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) sebesar Rp 9,7 milyar.

Akses tersebut merupakan jalur satu-satunya yang menghubungkan ibu kota Inhil, Tembilahan dengan beberapa kecamatan yang disebut-sebut sebagai daerah Inhil bagian Tengah. Selain melakukan peningkatan jalan tersebut Dinas PU juga melakukan peningkatan beberap ruas jalan dalam kota seperti jalan Gerilya, jalan Subrantas, dan jalan Veteran.

“Setidaknya pada tahun ini (2012, red) melalui APBD Inhil, kita memerlukan sebanyak Rp 15,6 Milyar untuk peningkatan jalan lintas Teluk Pinang dan beberapa ruas jalan dalam kota,” sebut Kepala Dinas PU HInhil, H Tengku Edy Efrizal, Rabu (4/4).

Namun ketika di singgung, mengenai ruas jalan Baharuddin Yusuf yang rusak parah akibat mobilitas kendaraan bertonase besar terutama rekanan yang mengerjakan pembangunan Venue Futsal, diakuinya, kerusakan beberapa ruas jalan itu merupakan tanggung jawab rekanan yang dituangkan dalam kesepakatn bersama.

“Untuk itu, berdasarkan kesepakatan kita pemeliharaanya menjadi wewenang mereka,” jelas manatan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Inhil ini.

Kemudian selain itu, sambung T Edy, perawatan jalan lintas Kabupaten seperti jalan Baharuddin Yusuf, juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Riau melalui APBD 2012 nya, berkisar Rp.10 Milyar.

“Pemprov Riau sudah menganggarkan, sebab itu merupakan rangkain dari pelaksanaan PON XIII 2012 mendatang,”imbuh T Edy sambil mengatakan saat ini prosesnya memasuki tahap pelelangan.(fen)