Juni 15, 2024

PEMKAB INHIL GELAR UPACARA PERINGATI HARDIKNAS

Bagikan..

Tembilahan (Www.detikriau.org) — Rabu (2/5), bertempat di Lapangan Upacara Kantor Bupati Inhil dilangsungkan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional. Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Inhil, H. Rosman Malomo tampil sebagai Pembina Upacara. Upacara juga turut dihadiri oleh Unsur Muspida, Pejabat dan Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir serta  beberapa perwakilan Pelajar se-kab. Inhil.

Dalam amanatnya, Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI, M. Nuh  yang dibacakan oleh Wakil Bupati Inhil, mengajak bersyukur atas kembalinya bidang kebudayaan ke Kementerian Pendidikan. Sebab,  menurut Kemendikbud, memang sejatinya kebudayaan dan pendidikan tidak bisa dipisahkan.

“Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, kita patut bersyukur karena bidang kebudayaan telah kembali ke “rumah besar” pendidikan setelah terpisah lebih dari sepuluh tahun. Kementerian ini, terhitung sejak 20 Oktober 2011 lalu telah berubah menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2011, tentang Pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara.”Pesan Kemendikbud RI

Sejatinya,Ditambahkan Kemendikbud dalam amanatnya, kebudayaan memang tidak bisa dipisahkan dari pendidikan. Demikian pula sebaliknya, pendidikan tidak bisa dipisahkan dari kebudayaan. Ibarat dua keping mata uang. Yang satu dengan lainnya memiliki makna dan nilai yang sama; tidak bisa dipisahkan karena di dalam proses pendidikan ada penanaman nilai-nilai budaya menyertainya.

Sudah tentu tambahan amanah ini jangan diartikan sebagai beban, melainkan sebagai kesempatan untuk menyempurnakan dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Hari Pendidikan Nasional Tahun 2012 ini mengambil Tema “Bangkitnya Generasi Emas Indonesia”. Tema ini sejalan dengan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional kita, yaitu Ki Hajar Dewantoro, yang pada hari ini kita peringati hari kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.(fsl)