Pemkab Gelar Seminar Penetapan Hari Jadi Kabupaten Inhu - Arbindonesia
Desember 23, 2015

Pemkab Gelar Seminar Penetapan Hari Jadi Kabupaten Inhu

Bagikan..

IMG_5931Rengat, detikriau.org – Pemerintah Kabupaten Inhu menggelar seminar sehari dalam rangka menetapkan hari jadi Kabupaten Indragiri Hulu di Gedung Sejuta Sungkai Rengat. Seminar yang dilaksanakan Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Inhu ini merupakan upaya untuk menampung berbagai usulan serta masukan dari berbagai element masyarakat untuk penetapan hari jadi Kabupaten Inhu. Rabu (23/12)

Hadir sekaligus membuka kegiatan seminar tersebut Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin, Anggota DPD RI Intsiawati Ayus, Wakil Ketua DPRD Inhu Adila Ansori, Plt Sekda Inhu Isdjarwadi, pejabat dilingkungan Pemkab Inhu serta sejumlah tokoh masyarakat, narasumber dan sejarawan.

IMG_5989Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Inhu H Kasiarudin mengungkapkan bahwa penetapan hari jadi suatu daerah bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Data serta fakta yang valid baik yang terkait dengan sejarah, wilayah serta aspek yuridis menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai bahan pendukung dalam menetapkan hari jadi tersebut.

“Diharapkan, keputusan dalam seminar tersebut akan menjadi jawaban bagi seluruh masyarakat Inhu yang cukup lama menginginkan penetapan terkait dengan hari jadi Kabupaten Inhu.” Sampaikan Pj Bupati

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Umum Setda Inhu Hendry mengungkapkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk menampung berbagai usulan dan masukan dari berbagai elemen masyarakat, terutama tokoh sejarawan. Keputusan seminar tersebut selanjutnya akan direkomendasikan kepada pemerintah pusat terkait dengan penetapan hari jadi Kabupaten Inhu.

Dalam sesi diskusi yang dipimpin oleh Kepala Bappeda dan Litbang Inhu Junaidi Rahmat, berbagai masukan serta usulan juga disampaikan baik itu dari tokoh masyarakat, pemuda maupun unsur pemerintah.  Selain masukan terkait dengan penetapan hari jadi, perubahan nama Indragiri Hulu menjadi Indragiri juga menjadi masukan dalam seminar tersebut.

Diakhir seminar ada empat poin penting yang menjadi bahan untuk nantinya direkomendasikan kepada pemerintah pusat, diantaranya mengusulkan untuk merubah nama Kabupaten Indragiri Hulu menjadi Kabupaten Indragiri, menyepakati hari jadi Kabupaten Inhu dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 tahun 1956 dimana pada (19 Maret 1956) ditetapkan Kabupaten Indragiri menjadi kabupaten definitif, menindaklanjuti kesepakatan antara point pertama dan kedua sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dalam penyusunan peraturan daerah (Perda) hari jadi Kabupaten Inhu akan mengakomodir keberadaan Bupati Inhu sebelum penetapan UU Nomor 12 tahun 1956. –Humas Pemkab Inhu-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.