Pemeliharaan Jalan Sungai Beringin Hampir Rampung - Arbindonesia
Mei 21, 2021

Pemeliharaan Jalan Sungai Beringin Hampir Rampung

IMG-20210521-WA0037
Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Kepala Unit Pelaksana Teknis Jalan dan Jembatan Wilayah IV (Empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau, Sanusi mengungkapkan, pekerjaan pemeliharaan jalan Sungai Beringin yang termasuk dalam ruas Jalan Tembilahan – Simpang Kuala Saka hampir rampung.

Meski sempat terhenti untuk sementara waktu dikarenakan momen lebaran Idul Fitri, pekerjaan fungsional perbaikan jalan Sungai Beringin kini hampir mencapai 100 persen.

“Kita sekarang sudah masuk tahap finishing. Sejak 4 hari lalu, para pekerja lembur. Insya Allah, kalau tidak ada halangan besok sudah selesai semua sampai ke titik TPA (Tempat Pembuangan Akhir). Lubang-lubang kecil di sepanjang jalan Sungai Beringin ini kita tutup semua,” kata Sanusi, Jumat (21/5/2021) melalui sambungan seluler.

Lebih lanjut, Lazi, pengawas lapangan UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV Dinas PUPR Provinsi Riau mengungkapkan, pihaknya diminta untuk melanjutkan perbaikan fungsional jalan ke arah Sungai Piring pada ruas jalan Sungai Piring – Teluk Pinang. Namun, hal itu tampak tidak memungkinkan mengingat kondisi sejumlah jembatan yang keropos dan dinilai tidak mampu menahan alat berat saat melintas.

“Titiknya itu mulai dari Sungai Dusun dan beberapa parit ke arah Sungai Piring. Kalau ada ahli jembatan yang bisa menjamin ketahanan jembatan, kita bisa lanjut. Tapi, kalau sekarang ini beresiko ambruk jembatannya,” kata Lazi.

Sementara, H Dani M Nursalam selaku Wakil Ketua Komisi IV (Empat) DPRD Provinsi Riau yang membidangi infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan mengungkapkan, stok material timbunan yang dibutuhkan untuk perbaikan fungsional jalan Sungai Beringin, bahkan ruas jalan lainnya di Kabupaten Inhil sudah memadai.

“Untuk material timbunan tidak ada masalah. Kalau bisa langsung ditindaklanjuti perawatan atau pemeliharaan di beberapa ruas jalan lainnya sepanjang memang lokasi perbaikan masih memungkinkan untuk dilalui alat-alat berat,” tutur H Dani setelah sehari sebelumnya meninjau langsung lokasi stok material timbunan di Kecamatan Tempuling.

Meski pekerjaan perbaikan jalan di ruas Jalan Tembilahan – Simpang Kuala Saka masih bersifat fungsional, H Dani mengatakan, setidaknya masyarakat tidak lagi harus kesulitan saat melintasi Jalan Sungai Beringin.

“Walaupun memang belum seperti kondisi jalan yang diharapkan, mulus atau rigid sebagaimana mestinya, sementara setakat ini lah dulu yang bisa dilakukan melalui UPT Wilayah IV Dinas PUPR untuk dilalui kendaraan,” kata H Dani.

Selanjutnya, H Dani meminta Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Riau agar segera melaksanakan proses pelelangan pekerjaan rekonstruksi atau peningkatan ruas Jalan Sungai Beringin dan sejumlah ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Riau lainnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

Ihwal tindakan pemeliharaan pada ruas jalan Sungai Piring – Teluk Pinang, yang dimulai dari Desa Sungai Dusun ke arah Sungai Piring, H Dani meminta agar pihak UPT Jalan dan Jembatan Wilayah IV Dinas PUPR Provinsi Riau dapat mensiasatinya.

“Bagaimana caranya lah, disiasati seperti apa kalau ada kendala jembatan dan lain sebagainya supaya bisa dilakukan perawatan di locus menuju Sungai Piring itu oleh pihak UPT,” tutur H Dani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *