Pemdes Sungai Intan Gelar Musdes Guna Membahas RKPDES Tahun 2021 - Arbindonesia
Juli 30, 2020

Pemdes Sungai Intan Gelar Musdes Guna Membahas RKPDES Tahun 2021

Bagikan..

ARBindonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Pemerintah Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu kembali menggelar Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan ‘Rencana Kerja Perangkat Desa’ (RKPDES) tahun 2021.

Musyawarah Desa penyusunan RKPDES 2021 dipimpin langsung oleh ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Nurman, diikuti Notulis oleh Sekretaris BPD M.Arjuli.

Pada musdes tersebut yang menjadi narasumber dan ekpose diisi langsung oleh Kepala Desa Sungai Intan yakni Ahmad Efendi, Pendamping Kecamatan P3MD Tekhnik Putra dan pemberdayaan Fauzi serta Pendamping Kecamatan DMIJ Plus terintegrasi.

Tak hanya itu, musyawarah Desa tersebut juga dihadiri oleh Pendamping Desa DMIJ, Para Perangkat Desa, Kaur, Kasi, Dusun, Anggota BPD, LPM, Ketua dan Anggota PKK, Seluruh Ketua RW, Ketua RT, Para KPMD, dan Perwakilan Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat Desa Sungai Intan.

Dikatakan Ahmad Efendi, bahwa pada musdes penyusunan RKPDES tahun 2021, ada 5 hal penting yang menjadi pembahasan utama bersama.

  1. Musyawarah Desa menyepakati bahwa usulan kegiatan yang masuk dalam RKPDES tahun 2020 yang tidak terealisasi dan dijadikan prioritas pada RKPDES Tahun 2021.
  2. Musyawarah Desa menyepakati dibentuknya Tim Penyusun RKPDes dan Tim Verifikasi RKPDes Tahun 2021 yang nantinya di SK kan oleh Kepala Desa Sungai Intan
  3. Daftar Usulan Prioritas Masyarakat bidang Pembangunan pada Musyawarah Desa akan menjadi Dasar Tim Penyusun RKPDes untuk melaksanakan Proses Penyusunan RKPDes Tahun 2021
  4. Daftar Usulan Tambahan 5 Bidang Seperti Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Pembangunan Desa, Bidang Pembinaan Masyarakat, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Bidang Tak Terduga tersebut menyesuaikan Kemampuan Anggaran Desa Sungai Intan Tahun 2021
  5. Penetapan RKPDes Desa Sungai Intan Tahun 2021 akan ditetapkan di bulan September 2020 Oleh Badan Permusyawaratan bersama Kepala Desa

“Selain itu, Hasil dari Musyawarah Desa Ini adalah menjadi Dasar Pemerintah Desa Sungai Intan Dalam Menyusun RKPDes, dan nantinya menjadi dasar bagi Kepala Desa Sungai Intan untuk Menetapkan SK Tim 7 panitia Penyusun RKPDes serta Tim Verifikasi RKPDes Tahun 2021, Kemudian menjadi dasar dalam Penyusunan RKPDes Tahun 2021. namun tetap mencermati Dokumen RPJMDes Desa Sungai Intan,” jelas Ahmaf Efendi.

Lanjut Ahmad efendi, “Musdes tentang penyusunan Rencana Pembangunan Desa ini berdasarkan amanat Undang undang Nomor 6 tahun 2014 dan Permendagri 114 Tahun 2014 yang mana penyelenggaranya adalah Badan Permusyawaratan Desa,” Kata Kepala Desa Ahmad Efendi.

Pada pelaksanaan kegiatan Musdes tentang Penyusunan RKPDEs tersebut, Pemdes Sungai Intan tetap mematuhi Protokoler Kesehatan Covid19, yang mana Peserta Musyawarah tetap wajib memakai masker dan jaga jarak.

Untuk diketahui, Musyawarah Desa Tentang Penyusunan Rencana Pembangunan Desa tahun 2021 dilaksanakan Selasa, (27/07/2020), di Balai Pertemuan Desa Sungai Intan pada jam. 14.00 Wib Hingga selesai. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *