April 18, 2024

Pembangunan Wifi Ditargetkan di 745 Kabupaten

Bagikan..

JAKARTA– Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan pembangunan wireless fidelity (Wifi) di 745 kabupaten di Indonesia.

“Program Wifi di 745 kabupaten di Indonesia ini dikerjakan dalam kerangka kewajiban pelayanan umum (KPU). Tujuannya agar masyarakat mendapat internet gratis dengan kecepatan yang bagus,” kata Kepala Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kominfo Santoso di Jakarta, Jumat (4/5).

Rencananya wifi yang disediakan secara gratis selama 24 jam tersebut akan berkecepatan 2 megabit.

“Pengoperasian wifi pertama akan dilakukan pada Juni 2012 di Ambon bertepatan dengan momen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Lokasi pendirian wifi diserahkan ke pemerintah daerah masing-masing,” jelas Santoso.

Pembangunan wifi itu adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk mencapai target agar seluruh wilayah Indonesia sudah memiliki jaringan internet pada 2015 sesuai komitmen pemerintah pada konferensi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC).

“Selain wifi kami juga berupaya untuk melakukan upgrading desa punya internet atau desa pintar di 1.330 desa dengan kewajiban penggunaan sistem operasi maksimal satu berbasis open source dan berlisensi,” tambah Santoso.( MICOM)