Mei 18, 2024

Pasca Kejadian Kecelakaan SB Evelyn Calisca 01 di Inhil, 6 Orang Diamankan

Petugas BPBD saat membawa jenazah koraban kecelakaan SB Evelyn Calisca 01.

Bagikan..

ARB INdonesia, PEKANBARU- Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengungkap jika ada 6 orang yang diamankan pasca kejadian kecelakaan kapal SB Evelyn Calisca 01 di perairan Kecamatan Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Speed Boat nahas itu mengalami kecelakaan saat dalam perjalanan dari Tembilahan menuju Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (27/4/2023).

Irjen Iqbal menuturkan, saat ini jajarannya masih melakukan penyelidikan mendalam untuk mencari tahu penyebab pasti kecelakaan yang menewaskan 11 orang penumpang tersebut.

Ia memastikan, akan menindak tegas jika ditemukan ada indikasi perbuatan melawan hukum.

“Saya sudah perintahkan Dirpolairud dan juga Kapolres untuk melakukan penyelidikan,” kata Irjen Iqbal, Jumat (28/4/2023).

Ia membeberkan, 6 orang yang diamankan, sementara ini dinilai sebagai orang yang bertanggungjawab atas kecelakaan yang terjadi.

6 orang itu terdiri dari 1 kapten kapal, 4 orang Anak Buah Kapal (ABK) dan 1 orang penanggungjawab pelayaran.

Mereka masing-masing berinisial A, selaku orang yang bertanggungjawab terhadap pelayaran kapal.

Lalu SH sebagai kapten kapal, serta 4 orang ABK berinisial BP, H, A, dan SP.

“Ada 6 yang diamankan di Polres Inhil. Mereka akan dibawa ke Polda untuk didalami secara spesifik pengangkutan kapal tersebut, apakah ada aturan yang dilanggar,” ungkap mantan Kapolda NTB tersebut.

Irjen Iqbal memastikan akan menindak tegas apabila terbukti ada kelalaian atau bahkan pelanggaran aturan saat perjalanan Kapal SB Evevlyn Calisca 01 dari Inhil ke Kepri dilakukan.

“Prinsipnya, apabila ada bukti perbuatan melawan hukum, penyalahgunaan aturan di dalam kecelakaan ini saya minta untuk diproses hukum tegas. Saya juga meminta perkara ini ditangani langsung di Polda,” tegasnya.

Irjen Iqbal bersama Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan, pada hari ini bertolak dari Pekanbaru menuju Inhil dengan helikopter.

Jenderal polisi bintang dua itu mengunjungi RSUD Raja Musa untuk membesuk korban kecelakaan kapal.

Selain itu, Kapolda Riau juga menuju Wisma Amelia sebagai Posko Musibah kecelakaan kapal.

Dalam kesempatan ini Kapolda Riau dan rombongan secara simbolis memberikan bantuan kepada korban.

Irjen Iqbal turut meninjau Pelabuhan Syahbandar sebagai pelabuhan posko pencarian korban yang diduga masih belum ditemukan.

Jebolan Akpol 1991 itu pun menyempatkan diri melihat kondisi kapal SB Evelyn Calischa 01 yang mengalami kecelakaan.

“Saya dan Pak Danrem 031/WB beserta jajaran ikut berbelasungkawa kepada korban terlebih yang meninggal dunia. Kami beserta jajaran mendoakan semoga korban husnul khotimah dan kepada yang masih dirawat kami doakan bisa cepat sehat,” tutur Kapolda.

Kedatangannya dipaparkan Irjen Iqbal, juga untuk meyakinkan kinerja personelnya dan stakeholder yang lainnya agar maksimal untuk melakukan upaya-upaya dalam penanganan pasca kejadian.

Kapolda Riau juga menyempatkan untuk berdialog langsung kepada para korban yang masih dirawat.

“Ini menjadi pelajaran buat kita bahwa keselamatan yang utama. Tim akan melakukan proses penyidikan apabila ada unsur perbuatan yang melanggar hukum atau unsur kelalaian dengan sengaja kami akan proses,” ujarnya.

“Ada beberapa awak kapal yang sudah kita amankan. Saat ini kami akan melakukan pemeriksaan yang lebih dalam untuk melakukan proses yang lebih lanjut,” tambah Irjen Iqbal.

Sumber: TribunPekanbaru.com
https://pekanbaru.tribunnews.com/2023/04/28/6-orang-diamankan-pasca-kejadian-kecelakaan-speedboad-evelyn-calisca-01-di-inhil-berikut-rinciannya