September 23, 2023

Panen Perdana Varietas Unggul Kelompok Tani Binaan DTPHTP Inhil

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org)  – Kelompok Tani Sidomulyo Desa Bayas Jaya Kecamatan Kempas binaan Dinas Tanaman Pangan Holtikuktura dan Peternakan Inhil berhasil melakukan panen perdana padi IR 42 yang dipilih sebagai varietas unggul di daerah tersebut, Selasa (24/4).

Panen yang langsung dilakukan Kepala DTPHTP Inhil, Drs Wiryadi yang didampingi pimpinan PT Pos Indonesia Pemeriksa Inhil, Syarkawi, pihak kecamatan dan Kepala UPT Kempas, Syahruddin serta para petani dari kelompok tani Sidomulyo berlangsung baik walau dalam hujan gerimis.

“Kelompok tani punya areal 65 hektare, namun yang mendapat binaan tahap awal ini baru 10 hektare dengan bibit varietas IR 42, kita berharap ini bisa jadi contoh untuk kelompok tani lain dalam melakukan pertanian padi, sebab ini kita lihat berhasil dengan baik, ” ujar Wiryadi memperlihatkan buah padi bernas yang siap dipanen.

Sementara itu Kepala PT Pos, Syarkawi mengatakan optimisnya terhadap petani dapat sukses dalam mengelola pertanian dengan harapan keuntungan yang diperoleh diupayakan bisa ditabung untuk masa depan yang lebih baik.

“Kita berharap kepada para petani untuk terus mengupayakan kerjasama yang baik dalam mengelola aset pertanian yang sangat berharga ini, untuk itu PT Pos yang telah menjalin kerjasama dengan Bank BTN siap membantu dalam mengelola aset dan tabungan para petani, jadi jangan lupa menabung di e Batara Pos, ” pinta Syarkawi berpromosi.

 

sedangkan Ketua Kelompok Tani Sidomulyo, Kademin mengharapkan kerjasama baik yang telah terjalin dengan pihak pemerintah dapat diteruskan dalam upaya membantu para petani, khususnya anggota kelompok tani Sidomulyo Bayas Jaya.

“Dengan anggota kelompok yang mencapai 78 orang dengan luasan areal 65 hektare, kami berharap hasil yang baik ini dapat diteruskan, sebab target 5,5 ton per hektare yang diharapkan dari lokasi ini akan bisa dicapai dengan kerjasama yang baik pula, apalagi sejauh ini kita masih menghadapi hama tikus dan keong mas, ” kata Kademin.

Syahruddi, Kepala UPT DTPHTP Kempas menjelaskan bahwa pihaknya sejauh ini dinilai berhasil mencapai target penanaman dan target produksi padi. dimana target penanaman kita mencapai lebih dari seribu hektare untuk Inhil dan target produksi 5,5 ton per hektare. (suf)