Juni 16, 2024

Meski Pisah Desa, Hubungan Baik Tetap Harus Terjalin

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) – Pemekaran desa bukan memutuskan hubungan silaturahim dengan desa induk. Tetapi pemekaran tersebut hanya sebatas pemisahan administrative saja. Oleh karena itu warga diharapkan tetap mejaga hubungan baik dan kemkompakan.
Pernyataan ini disampaikan Anggota DPRD Indragiri Hilir (Inhil) H Bakrie, ketika menghadiri acara syukuran desa Pintasan kecamatan Gaung. Menurutnya, meski telah banyak permasalahan yang telah dilewati dalam proses pemekaran. Namun semua itu merupakan ujung dari perjuangan masyarakat.
Maka dari itu, perbuatan baik dalam membangun desa harus dimulai dari hal yang paling kecil, yakni rumah tangga sendiri. Baru dilanjtukan ditingkat RT, RW dan akhirnya hingga ketingkat desa. “Bersama-sama kita pasti bisa membangun desa ini,” ungkapnya kemarin.
Sebab diketahui, lanjut H Bakrie, penantian panjang untuk sebuah pemekaran sudah berhasil, jangan hanya karena masalah kecil kekompakan yang sudah dibina selama ini dapat ternodai. Apalagi, lahirnya desa Pintasan sudah dinanti masyarakat sejak delapan tahun silam. Dimana pada tahun 2002 warga sudah melengkapi persyaratan untuk memekarkan desa.
Sementara itu pejabat kepala desa Pintasan, Rahmat pada kesempatan serupa menyatakan untuk membangun desa tentu perlu dukungan dari pemerintah kabupaten dalam hal ini Legeslatif dan Eksekutif.
“Kami sangat berharap dukungan penuh pemerintah dan dewan demi kemajuan desa ini. Sebab kami bukanlah apa-apa. Semua ini berkat kekompakan dan dukungan pihak dewan dan pemerintah,” cetusnya.
Mekarnya desa Pintasan dari desa induk Jerambang, tentunya membuat warga merasa bersyukur. Rasa sukur itu ada yang mengucapkan langsung dan ada pula yang tidak. H Anuar, salah seorang tokoh masyarakat desa Pintasan, mengaku senang dan terharu, kerena penantian panjang akhirnya berbuah manis.
“Saya tidak dapat berkata banyak. Yang jelas rasa syukur saya sembahkan kepada Allah,” tutur H Anuar, yang bersedia menghibahkan sebagin tanahnya untuk dibangun kantor pemerintahan desa yang baru.
Hadir pada acara tersebut selain ratusan warga setempat dan para undangan kecamatan, hadir pula rombongan anggota DPRD Inhil, baik yang berasal dari dapil wilayah tersebut ataupun yang bukan. Antara lain Adha Masri, Sulaiman, Herwanissitas dan H Bakrie.(Suf)