Juni 15, 2024

Kemarau Panjang, Kualitas Air PDAM di Lahang Buruk

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (LAHANG LAMA) – Pelanggan PDAM Tirta Indragiri yang berada di Lahang Lama, ibu kota Kecamatan Gaung mengeluhkan kualitas air yang mereka terima. Hampir satu bulan belakangan, air yang sampai ke pelanggan kualitasnya sangat buruk. Airnya berwarna keruh dan rasanya sedikit payau.

Ungkapan itu disampaikan oleh Adam salah seorang pelanggan PDAM baru-baru ini melalui sambungan telepon selular. Menurutnya, Buruknya kualitas air ini menyebabkan dirinya dan keluarga tidak mau menggunakan air yang ada termasuk untuk mandi dan mencuci.

“Warna airnya sangat keruh dan rasanya agak payau. Tidak jauh bedanya dengan air yang ada di Sungai Gaung. Dengan kualitas air seperti itu, sudah barang tentu tidak bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. Sebab kalau dipergunakan untuk mandi, rasanya dibadan agak lengket, begitu juga untuk mencuci malah semakin membuat pakaian menjadi kotor,” kata Adam menjelaskan.

Akibatnya, ia terpaksa menggunakan air sumur untuk mandi dan mencuci, sebab kualitasnya jauh lebih baik dari air PDAM yang mereka terima. “Dari pada menggunakan air PDAM, rasanya lebih baik menggunakan air sumur,” terangnya.

Ditambahkan Adam, buruknya kualitas air PDAM dikarenakan bahan baku yang digunakan adalah air sungai Gaung. Bila kemarau panjang seperti sekarang ini maka sumber air disungai Gaung akan menjadi keruh dan berlumpur serta rasanya menjadi payau.

Hal itu tentunya berbeda ketika musim penghujan, dimana warna air berobah agak kemerahan, dan rasanya payaunya menjadi hilang. “Karena disini, kualitas air masih tergantung dengan musim. Disaat penghujan air bersih, dan saat kemarau ya keruh seperti ini,” bebernya. (Suf)