Kabupaten Inhil Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia - Arbindonesia
Juli 10, 2021

Kabupaten Inhil Penghasil Kelapa Terbesar di Indonesia

3591_Petani-Kelapa-Tolak-Larangan-Ekspor--Sekda-Inhil-Siap-Mendukung

Perkebuanan kelapa di Inhil, foto net.

Bagikan..

ARBindonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Selian memiliki perkebunan kelapa yang luas, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga merupakan penghasil buah kelapa terbesar di provinsi Riau bahkan Indonesia.

Berdasarkan data BPS Provinsi Riau 2019, Kabupaten Inhil adalah penghasil kelapa terbanyak dari 12 kabupaten-kota di Riau. Dari produksi hasil perkebunan di Inhil tercatat sebanyak 361.348 ton kelapa, disusul dengan Kabupaten Meranti sebanyak 29.183 ton.

Selain itu, berdasarkan data (2020) yang input melalui situs pertanian.go.id. Dari 34 provinsi se-Indonesia, Provinsi Riau merupakan provinsi yang paling besar produksi kelapa dari hasil perkebunan kelapa. Tercatat sebanyak 399.361 Ton kelapa kelapa yang di hasilkan dari perkebunan kelapa di Riau.

Seperti halnya yang disampaikan Kementerian Pertanian yang dikutip melalui katadata.co.id, estimasi luas areal perkebunan kelapa di Riau sebesar 418.270 hektar pada 2020.

Daerah penghasil kelapa terbesar di Riau terdapat di Kabupaten Indragiri Hilir yang berbatasan dengan provinsi Jambi.

Kabupaten ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang menerapkan usaha tani kelapa hibrida Pola Perkebunan Inti Rakyat (PIR) sebagai usaha peningkatan produksi, pendapatan, dan kesejahteraan rakyat. (Arbain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.