April 18, 2024

Jalan Penghubung Ke Kecamatan GAS Semakin Memprihatinkan

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) — Tibanya musim hujan ini semakin membuat kondisi ruas jalan lintas yang menghubungkan Kecamatan Batang Tuaka – Gaung Anak Serka (GAS) di Kabupaten Inhil kian hari semakin parah.

Pantauan dilapangan, kerusakan ruas jalan tersebut mulai terasa dari Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka hingga Kelurahan Teluk Pinang Kecamatan GAS. Tidak hanya berlubang dan penuh lumpur, di beberapa titik terlihat badan jalan tersebut sudah terputus dan hanya diperbaiki oleh masyarakat setempat secara swadaya dengan menumpukkan kayu ataupun batang kelapa sebagai penyambung jalan agar bisa dilewati.

Menurut Rudi (25) warga Kecamatan GAS,Senin  (5/3), ia mengeluhkan kondisi jalan penghubung Kecamatan Batang Tuaka-GAS yang semakin hari semakin memprihatinkan. Padahal, jalan tersebut sangat vital bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena disamping untuk keperluan lalu lintas masyarakat, jalan tersebut juga digunakan oleh para petani untuk mengangkut hasil pertanian mereka.

“Melihat kondisi jalan seperti itu, kalau tidak ada keperluan yang penting dan mendesak, diupah orangpun jalan ke Tembilahan saya tak mau,” kelakarnya.

Keluhan yang sama juga disampaikan oleh Adi (25) salah seorang Mahasiswa UNISI  yang ditemui saat melintasi jalan tersebut juga mengeluhkan hal senada. Dikatakannya, kondisi jalan itu sudah banyak memakan korban, baik pengendara sepeda motor maupun mobil angkutan penumpang dan barang.

“Kemarin waktu saya lewat disini, ada pengendara sepeda motor yang terjatuh karena terperosok kedalam lubang besar. Belum lagi kendaraan roda empat sampai ada yang harus bermalam disini akibat terpuruk,” ceritanya dengan semangat.

Dijelaskannya lagi, kondisi jalan yang rusak tersebut akan semakin mengkhawatirkan para pengguna jalan apabila musim hujan dan air pasang, karena jalan yang berlubang akan tertutup genangan air dan menjadi sangat licin.

“Pejam mata sajalah kalau lewat jalan ini. Kita sudah tidak bisa memilih jalan mana yang bagus, sebab di bagian kiri dan kanan jalan sudah berlubang, apalagi kalau ditengahnya,” pungkasnya.

Untuk itu, ia sangat berharap pemerintah dapat memperbaiki kerusakan jalan penghubung Kecamatan Batang Tuaka-GAS secepatnya, karena keberadaan jalan sebagai sarana transportasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat. (suf)