Ini Dia Efek Samping Rokok Mulai Dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki - Arbindonesia
Mei 10, 2015

Ini Dia Efek Samping Rokok Mulai Dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki

Bagikan..

“WHO: Setiap 6,5 detik, Satu Nyawa Melayang Akibat Rokok”

bahaya-merokok3TEMBILAHAN (detikriau.org) – Seluruh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) diajak untuk terus meningkatkan derajat kesehatannya melalui penerapan berbagai pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satunya dengan tidak atau berhenti merokok.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil, DR Hj Alvi Furwanti Alwie melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan, Pengendalian Kemitraan dan Promosi Kesehatan, NS Matzen MSi terkait dengan cukup banyaknya pengaruh buruk yang disebabkan oleh rokok, baik itu bagi perokok aktif maupun perokok pasif.

Dikatakan Matzen, berdasarkan keterangan dari World Health Organization (WHO), setiap 6,5 detik satu orang meninggal dunia karena rokok.

Apalagi, riset memperkirakan bahwa orang yang mulai merokok pada usia remaja dan terus-menerus merokok sampai 2 dekade atau lebih, akan meninggal 20-25 tahun lebih awal dari orang yang tidak pernah menyentuh rokok.

“Jadi, rokok ini bukan hanya menyebabkan penyakit kanker paru-paru dan jantung, tetapi juga berbagai masalah kesehatan yang serius lainnya,” tutur Matzen kepada detikriau.org di ruang kerjanya, belum lama ini.

Adapun beberapa efek samping akibat rokok yang jarang dipublikasikan mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dan harus diketahui oleh masyarakat terutama para perokok, diantaranya rambut rontok, katarak, kulit keriput, hilangnya pendengaran dan kanker kulit.

Selain itu, rokok juga bisa mempercepat karies atau beresiko kehilangan gigi 1,5 kali lipat, emphysema atau pelebaran dan rusaknya kantung udara pada paru-paru yang menurunkan kapasitasnya untuk menghisap dan melepaskan Co2, serta osteoporosisada atau hilangnya densitas tulang, sehingga tulang menjadi mudah patah/retak dan penyembuhannya 8 persen lebih lama.

Selanjutnya, bahaya lain yang bisa disebabkan oleh rokok adalah terserang penyakit jantung, tukak lambung, disklori jari-jari atau menimbulkan warna kuning dan kecoklatan pada kuku, serta kerusakan sperma yang bisa mengakibatkan infetilitas atau kemandulan.

“Mengingat berbagai dampak negatif dan bahaya dari penggunaan rokok ini, maka kami mengajak seluruh masyarakat, untuk menggapai hidup sehat tanpa merokok,” imbuhnya.(adi/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *