Ingin Bertamu ke Rumah Dinas Bupati Inhil, Simak Dulu Video ini - Arbindonesia
Juli 3, 2021

Ingin Bertamu ke Rumah Dinas Bupati Inhil, Simak Dulu Video ini

Screenshot_2021_0703_105232

Foto: Sc Video C.Youtube LITBANG BAPPEDA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR (TANAM KELAPA (TAMU SENANG, NYAMAN, KEAMANAN & PELAYANAN PRIMA) INOVASI BAGIAN UMUM SETDA. KAB. INHIL)

Bagikan..

Video Inovasi : TANAM KELAPA (TAMU SENANG, NYAMAN, KEAMANAN & PELAYANAN PRIMA) INOVASI BAGIAN UMUM SETDA. KAB. INHIL

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Salah satu tugas dan fungsi dari Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir yakni melaksanakan fungsi pelayanan tamu pimpinan, salah satunya pelayanan tamu pimpinan pada rumah dinas Bupati Indragiri Hilir.

Berdasarkan fakta di lapangan dalam hal pelaksanaan pelayanan tamu pimpinan pada Rumah Dinas Bupati Inhil, yang mana berdasarkan banyaknya tamu baik dari kalangan Pemerintah, Swasta maupun masyarakat yang berkunjung ke kediaman Bupati (Rumah Dinas) Inhil di luar jam dinas atau umumnya pada malam hari dengan maksud dan tujuan ingin bertemu Bupati.

Adapun mekanisme pelayanan tamu pimpinan tersebut yang diterapkan selama ini sebelum dilakukan perubahan yakni para tamu terlebih dahulu melapor kepada petugas penjagaan dari Satuan Polisi Pamong Praja.

Kemudian para tamu diminta mengisi buku tamu dan menunggu di dekat pos penjagaan terpisah dan Rumah Dinas yang jaraknya lebih kurang lebih 30 meter dari Rumah Dinas.

Kemudian anggota Satpol PP yang bertugas menghubungi Ajudan Bupati dan menyampaikan kepada Ajudan bahwa ada tamu berikut dengan namanya serta maksud dan tujuan ingin bertemu Bupati.

Setelah itu Ajudan menghubungi petugas jaga untuk menyampaikan kepada Bupati untuk tamu tersebut. Selanjutnya petugas jaga menghantarkan tamu sesuai dengan arahan Bupati melalui Ajudan.

Skema kerja dalam penerimaan tamu tersebut belum terlaksana dengan maksimal dan jauh dari unsur ketertiban, keamanan dan kenyamanan baik dari Bupati sendiri maupun dari para tamu tersebut.

Hal ini dikarenakan belum adanya skema kerja yang jelas dalam pelayanan tamu tersebut misalnya dalam bentuk SOP sehingga ada aturan dan tata tertib dalam pelayanan tamu tersebut.

Selain itu juga, ada rasa ketidak nyamanan dari para tamu yang menunggu di tempat Pos Penjagaan (berupa keluhan dari para tamu atas ruang tunggu yang ada).

Hal ini dikarenakan tidak adanya ruang khusus yang nyaman dan dilengkapi dengan petugas operator pendataan serta CCTV agar Bupati dapat mengetahui secara jelas siapa-siapa saja tamu yang datang.

Di samping belum adanya ruang tunggu tamu yang layak, juga belum adanya ketentuan tertulis tentang jam bertamu sehingga masih ada tamu yang datang pada jam-jam istirahat malam atau hari libur.

Oleh Karena itu, Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir selaku Inisiator membuat suatu terobosan sebagai solusi atas fenomena dan permasalahan tersebut.

Dasar inisiasi ide pelayanan Tamu Pimpinan tersebut juga didasarkan pada keluhan dari Bupati yang mana masih ada tamu yang ingin bertemu dengan Bupati pada jam-jam istirahat malam (misalnya mendekati maghrib atau pada jam tidur) sehingga mengganggu kenyamanan Bupati.

Selain itu juga merasa tidak nyaman dengan kondisi ruang tunggu tamu yang berada di Pos penjagaan dan dinilai jauh dari kata nyaman.

Atas dasar keamanan dan ketertiban dalam hal pelayanan tamu pimpinan, maka lahir Ide gagasan berupa Standar Operasional Pelayanan (SOP) tamu pimpinan pada rumah dinas Bupati Inhil dengan alasan-alasan sebagai berikut :

Belum terciptanya kondisi yang aman, nyaman, dan tertib baik bagi pimpinan (Bupati) maupun bagi para tamu dalam hal pelayanan tamu pimpinan (dengan indicator berupa keluhan dari Bupati dan Para Tamu dalam hal Pelayanan Tamu Pimpinan) Belum tersedianya Ruang Tunggu Tamu yang nyaman (dengan indikator ruang tunggu yang bersedia dengan tempat duduk yang nyaman serta dilengkapi pendingin udara dan televisi).

Tujuan Inovasi ini adalah :

  1. Terwujudnya Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Tamu Pimpinan Pada Rumah Dinas Bupati Indragiri Hilir.
  2. Tersedianya Ruang Tunggu Tamu yang nyaman pada Rumas Dinas Bupati Indragiri HIlir.
  3. Terciptanya ketertiban, keamanan dan kenyaman baik bagi Bupati maupun bagi tamu-tamu yang berkunjung.
  4. Bagi Bupati agar terwujud rasa aman dan nyaman dalam menerima tamu yang datan.
  5. Bagi Tamu agar terwujud kenyamanan dalam pelayanan yang diberikan oelh petugas yang ditugaskan dalam hal pelayanan tamu pimpinan.
  6. Bagi Pelaksana Tugas Pelayanan Tamu Pimpinan agar tercipta ketertiban, keamanan dan kenyamanan dalam melaksanakan tugas.

Adapun manfaat dari Inovasi ini adalah :

  1. Meningkatnya kenyamanan dan keamanan dan keamanan Bupati dalam menerima Tamu yang datang ke Rumah Dinas Bupati.
  2. Meningkatnya kenyamanan tamu yang ingin bertemu Bupati di Rumah Dinas Bupati.
  3. Meningkatkan kenyamanan dan ketertiban kerja bagi petugas yang melaksanakan tugas pelayanan tamu pimpinan di rumah Dinas Bupati.

Hasil Inovasi yaitu :

  1. Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Tamu Pimpinan Pada Rumah Dinas Bupati Indragiri Hilir.
  2. Ruang Tunggu Tamu yang nyaman.
  3. Petugas piket yang melayani tamu dengan baik.

Editor: Arbain
Sumber: C.Youtube LITBANG BAPPEDA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *