Juni 15, 2024

Hari Ini, Kloter JCH Diumumkan

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (PEKANBARU) – Kelompok terbang (kloter) jamaah calon haji (JCH) Provinsi Riau, direncanakan Kementerian Agama (Kemenag) Riau akan diumumkan Senin (26/9) ini di tiap kantor Kemenag kabupaten/kota.

Tertundanya pengumuman pembagian kloter jamaah karena keterlambatan pengumuman Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), tak hanya berpengaruh terhadap jadwal pembagian kloter.

Imbasnya terjadi untuk banyak hal seperti pembagian koper haji dan pembagian penambahan JCH tambahan.

‘’Insya Allah Senin (hari ini, red) kloter sudah akan diumumkan sehingga jamaah tak resah lagi,’’ sebut Kepala Bidang Haji dan Umrah, Aziz pada Riau Pos, kemarin.

Terlambatnya pengumuman kloter musim haji tahun ini sempat meresahkan ribuan jamaah. Padahal, berdasar jadwal sementara yang dikeluarkan Kemenag, kloter pertama akan terbang ke Embarkasi Batam pada Kamis (6/9) yaitu sekitar sepekan lebih lagi.

Hal ini pun dibenarkan Aziz. Dia mengatakan, kloter pertama yang berangkat ke embarkasi yaitu JCH Kota Pekanbaru atau kloter keenam JCH Riau.

Namun, terlambatnya pembagian kloter tidaklah disengaja, melainkan karena terkait keterlambatan SK pemberitahuan BPIH dari pusat, sehingga mengulur atau mengubah semua jadwal yang sebelumnya telah ditetapkan.

Aziz menambahkan, terkait koper haji, telah dibagi ke Kemenag kabupaten/kota. Di lokasi berbeda, Kepala Seksi haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru, Amattaridi membenarkan pihaknya telah menerima koper haji. Senin (26/9) ini, koper haji pun sudah bisa diambil JCH Kota Pekanbaru.

‘’Bisa diwakilkan namun harus membawa surat nomor porsi yang sudah kami beri sebelumnya ke JCH,’’ sebut dia.(rpg)