April 18, 2024

Edy Syafwannur Tutup MTQ Maulid Al- Habsyi Tembilahan Hulu

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Setelah berlangsung selama sepekan, bertempat di Majelis Taklim Miftahus Shaadah Jalan Sederhana Kecamatan Tembilahan Hulu berlangsung penutupan Musabaqah Maulid Al-Habsy dan Asmaul Husna, Kamis, (13/7) dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1432 Hijriah, Milad Kabupaten Inhil ke 42, sekaligus HUT Majelis Miftahus Shaadah.

Dalam acara tersebut nampak hadir Kepala BPMPD Edy Syafwannur Camat Tembilahan HM Yusuf Magga, tokoh Masyarakat seperti Mukhlis A Hamid mantan anggota DPRD Inhil periode 2004- 2009, para undangan dan seluruh para peserta yang mengikuti kegiatan MTQ Dan Asmaul Husna kali ini.

Ketua Panitia penyelenggara, Hj Laila Syamsudin Uti dalam laporannya mengungkapkan, ucapan terimaksih yang sedalam-dalamnya kepada semua pihak, dewan juri atas parsipasi, baik materi maupun sumbangan pemikiran sehingga acara ini bisa berjalan sesuai dengan harapan

Ucapan terimaksih kepada para pesrta sebanyak 26 kelompok untuk kategori Maulid Alhabsi dan 16 kelompok untuk kategori Asam ul Husna. “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka syiar Islam di Kecamatan Tembilahan Hulu. untuk itu kepada para peserta baik yang berhasil maupun yang gagal untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan, sehingga syiar Islam dapat lebih berkembang,” ujarnya.

Sementara itu Camat Tembilahan Hulu Drs HM Yusuf Magga dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Acara ini hendaknya memberikan kesjukan di hati kita semua.

Selanjutnya, Camat mengharap iven seperti ini dapat ditingkat lebih besar lagi, sehingga bisa menjadi benteng di tengah masyarakat dalam rangka mencegah pengaruh negatif dari kemajuan. “Acara seperti ini hendaknya menjadi benteng dalam memperkuat aqidah umat Islam,” tegasnya.

Masih menurut, masih banyak lagi kegitan Islami yang bisa dilaksanakan. lebih dari itu kegitan ini tidak hanya berlangsung di Kecamatan Tembilahan Hulu, tapi bisa menyebar kesluruh wilayah Di Inhil. Sehingga syiar Islam makin berkembang, agar berbagai permaslahan sosial dapat ditangkal di tengah masyarakat.

Sementara itu Edy Syafwannur Kepla BPMPD sekaligus pembina dalam sambutannya mengatakan, dirinya merasa takjub kepada panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. apalagi panitia pulang sampai jam 2.00 dinihari. “Semoga semangat ini bukan hanya dalam MTQ tapi terus dipelihara dalam rangka syiar Islam,” katanya.

Selain itu, ia meminta kepada masyarakat untuk tidak terpancing dengan berbagai isu yang menyesatkan. Salah satunya dengan berdaran selebaran yang menghujat Agama Islam oleh orang yang tidak bertanggungjawab. “Kita bersukur masyarakat kita tidak terpancing, hingga tujuan selebaran yang beredar untuk memncing perpecahan ditengah masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia merasa terharu dengan anak-anak yang melantunkan bacaan Al-Habsyi. Untuk itu diharapkan kepada orang tua untuk mengajar anak-anak mereka untuk bacaan seperti itu, meski pada awalnya kesannya pemaksaan. Karena ia pernah mendengar sesuatu itu awalnya memang terkesan pemaksaan, hingga akhirnya menjadi kebiasaan. Apabila sudah menjadi Kebiasaan, nantinya akan menjadi kebudayaan.

“Saya berharap nantinya Maulid Al-habsyi bisa menjadi ujung tombak dalam memperkenal Inhil, sehingga apa bila orang menyebut Inhil, maka yang teringat kepada mereka adalah Maulid Al-Habsyi,” harapnya.

Adapun pesrta yang mendapat prestasi terbaik untuk cabang MTQ Maulid Al-Habsyi dalam tahun ini, terbaik adalah, dimulai dari harapan tiga kelompok Darul Rahman, diikuti kelompok Nurul Huda serta Azzakirat. Sementara untuk peringkat tiga adalah kelompok Al -Hidayah, kemudian Al- Muhajirin dan peringkat terbaik dari kelompok Miftahus Saadah.

Sementara itu untuk kategori Asmaul Husna juara harapan tiga adalah kelompok Al- Hidayah, disusul kelompok Nurul Hikmah,serta Miftahus Saadah. Sedangkan peringkat tiga adalah Izzaatun Nasyiat, peringkat dua kelompok Hidayatl Ihklas, peringkat pertama Asysyuhada. Seluruh peserta terbaik baik MTQ Maulid Al Habysi akan diberikan tropy uang pembinaan, piagam dan bingkisan dari panitia . (Wawan)