Juni 15, 2024

Dr Arief Budiman. Sp.Og : Salah Satu Penyebab “MOA” Akibat Parasit “Toxoplasmosis”

Bagikan..

Penyebab terjadinya kelainan ini salah satunya disebabkan binatang parasit yang dinamai “toxoplasmosis”. Parasit sejenis ini biasanya juga terdapat pada hewan sejenis kucing.

www.detikriau.wordpress.com (Tembilahan) – Kalau anda mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, sebaiknya cukup hati-hati apalagi kepada Ibu yang sedang hamil. Parasit yang terdapat pada hewan sejenis ini, bisa berakibat terjadinya kelainan pada janin.

“Kasus terjadinya kelaianan pada bayi yang biasa kita sebut Multiple Organ Anomali (MOA) salah satu penyebabnya disebabkan oleh sejenis parasit yang sering terdapat pada hewan peliharaan seperti kucing. Toxoplasmosis memang termasuk salah satu penyakit zoonosis (penyakit yang bisa menular antara hewan dan manusia).  Bahaya penyakit toxoplasmosis terutama pada Ibu hamil yang terinfeksi toxoplasma berakibat anak cacat dalam kandungan, bahkan kematian janin dalam kandungan. .” Sebut Dokter Spesialis kandungan muda ini saat dikomfirmasi, Ahad (25/9/2011).

Disamping itu, ditambahkan Dokter yang sebelumnya sempat bertugas di RSUD Kabupaten Bengkalis ini, penyebab lainnya bisa juga dikarenakan kekurangan gizi saat bayi dalam kandungan, dampak radiasi, pengaruh mengkonsumsi obat-obatan kimia yang menyalahi aturan serta adanya kelainan kromosom. Sebaiknya, apabila diketahui secara dini ibu positif terkena parasit toxoplasma agar  ibu berobat dan tidak hamil dulu dan kepada ibu-ibu hamil untuk rajin memeriksakan kondisi kesehatan janin yang dikandungnya. Jelas Dokter yang terlihat supel ini . (fsl)