Digelar Besok, Sidang Vonis RZ tak Terganggu Asap - Arbindonesia
Maret 11, 2014

Digelar Besok, Sidang Vonis RZ tak Terganggu Asap

Bagikan..

rzPEKANBARU-Kendati sering tertundanya jadwal penerbangan maskapai akibat kabut asap yang melanda wilayah Riau, namun Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pekanbaru, Rabu (12/3/14) besok tetap mengagendakan pembacaan amar putusan vonis hukuman terhadap Rusli Zainal alias RZ, mantan Gubernur Riau yang menjadi terdakwa korupsi izin kehutanan dan suap Pekan Olahraga Nasional (PON) Riau.
Kepastian digelarnya sidang vonis tersebut setelah Pengadilan Tipikor PN Pekanbaru mendapat konfirmasi dari Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berkantor di Jakarta yang siap mengikuti sidang tersebut.
” Jadwal sidang putusan tetap kita bacakan besok. Masalah jadwal ini sudah kita sepakati dengan Jaksa KPK nya,” ujar I Ketut Suarta SH, hakim anggota pada persidang RZ ini, kepada Riauterkini.com, Selasa (11/3/14) siang.
Kendati Jaksa KPKnya berkantor di Jakarta dan jadwal penerbangan sering tertunda. Persidangan tetap diagendakan besok. Sebab, salah satu jaksany sudah berada di Pekanbaru ini.
” Memang pada Senin kemarin, ada persidangan pembacaan vonis perkara tipikor yang ditunda. Karena salah satu majelis tidak bisa menghadiri sidang. Karena jadwal penerbangan maskapai tujuan Pekanbaru ditunda. Akibat kabut asap. Namun untuk persidangan RZ ini, kita sudah persiapkan semuanya,” terang I Ketut lagi.
Seperti diketahui pada sidang sebelumnya. Riyono SH, selaku Jaksa Penuntut KPK menjatuhkan tuntutan hukuman selama 17 tahun penjara serta denda sebesar Rp 1 miliar atau subsideir 6 bulan. Karena terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 jo pasal 55 dan Pasal 56 ayat 1 UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang melakukan tindak pidana korupsi dan turut serta berkorporasi yang menyebabkan kerugian negara.
Dimana Rusli Zainal, didakwa, atas perkara korupsi penerbitan izin usaha pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dan Tanaman (IUPHHKT) dan suap PON Riau semasa menjabat Gubernur Riau, telah melakukan tindak pidana korupsi dengan cara memperkaya diri sendiri dan orang lain. Sehingga negara dirugikan ratusan miliar.
Perbuatan terdakwa itu dengan sengaja menyuruh dan memerintahkan kepada pejabat Pemerintah Kabupaten (Bupati) Siak dan Pelalawan . Untuk menerbitkan izin RKT atau izin usaha pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dan Tanaman (IUPHHKT) kepada perusahaan bidang perkayuan sebanyak 9 perusahaan dengan kerugian negara sebesar Rp 265 miliar lebih.
Kasus ini terjadi pada Januari 2003 lalu. Terdakwa memerintahkan Bupati Siak, Arwin AS, untuk menerbitkan SKT pemanfaatan hasil hutan dan tanaman kepada PT Seraya Sumber Lestari (SSL).
Hal yang sama juga dilakukan terdakwa kepada Bupati Pelalawan, semasa itu dijabat oleh Tengku Azmun Jaafar. Azmun pun dipeintahkan untuk menerbitkan izin usaha pemanfaatan Hasil Hutyan Kayu dan Tanaman (IUPHHKT) untuk 8 perusahaan yakni, PT Merbau Pelalawan Lestari. PT Mitra Taninusa Sejati, PT Rimba Mutiara Permai, PT Selaras Abadi Utama, CV Bhakti Praja Mulia, PT Rimba Hutani Jaya, PT Satria Perkasa Agung, dan CV Putri Lindung Bulan.(*)
Sumber: http://riauterkini.com/hukum.php?arr=71799&judul=Digelar Besok, Sidang Vonis RZ tak Terganggu Asap

1 thought on “Digelar Besok, Sidang Vonis RZ tak Terganggu Asap

  1. Jika Pemiskinan tdk di lakukan terhadap RZ, vonis hukuman yg dijatuhkan hanyalah seperti nyayian nina bobo’….uang yang akan mengatur semuanya…miskinkan!!!!! maka RZ akan menjerit ketakutan,,,,JENDRAL JOKO BISA DIMISKINKAN…KENAPA RZ TIDAK ???? HUKUM HARUS SEIMBANG DONG!!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.