Juli 18, 2024

DALAM WAKTU DEKAT DISDIK INHIL AKAN EVALUASI KEMBALI PENYEBARAN TENAGA GURU

Bagikan..

Tahun 2012, Disdik melalui BKD usulkan tenaga honorer K2 sebanyak 1.042 orang ke BKN.

TEMBILAHAN (www.detikriau.org) – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Indragiri Hilir (Kab.Inhil), H. Fauzar menyebutkan Disdik masih dihadapkan dengan berbagai persoalan. Persoalan yang paling menonjol adalah tidak  meratanya penyebaran tenaga guru. Penumpukan tenaga pengajar dinilai banyak terjadi pada tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

Untuk mengatasi persoalan ini menurut Fauzar perlu dilakukan evaluasi kembali dengan segera terhadap sejumlah guru yang berada di seluruh wilayah Kabupaten Inhil, mulai dari kota, kecamatan, dan desa.

“Untuk pemerataan penyebaran guru-guru di wilayah Kabupaten Inhil ini kita akan melakukan evaluasi. Nanti kita coba bagaimana untuk mengatur strateginya shingga nantinya kita harapkan penyeberannya itu proposional, dan itu akan kita lakukan secepatnya,” katanya.

Untuk persoalan tenaga honorer, khususnya tenaga honorer  kategori 2 (K2) menurut Fauzar lagi, Disdik sudah mengirimkan usulan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sebanyak 1.042 orang.

Jumlah tersebut terdiri dari beberapa tingkatan tenaga honorer K2 diantaranya 12 guru TK, 567 guru SD yang murni dari Komite Sekolah, dan 164 guru SD yang berstatus sebagai guru bantu, 235 orang guru SMP, 157 orang guru SMA, serta 96 orang Tata Usaha (TU)/Penjaga Sekolah. “Usulan tersebut kita sampaikan mengingat adanya sinyal dari Pemerintah Pusat untuk pengangkatan tenaga honorer di daerah.”Jelas Fauzar.

Ia menyampaikan juga, untuk tenaga guru yang di butuhkan di Kabupaten Inhil saat ini adalah guru permata pelajaran. Sementara untuk guru umum di tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat sudah mencukupi. “Saat ini guru permata pelajaran di Kabupaten Inhil memang sangat dibutuhkan, seperti mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan beberapa bidang studi lainnya,” pungkasnya. (ok/dro)