April 18, 2024

BAK TRUK SAMPAH GANGGU AKTIFITAS BELAJAR

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (Tembilahan) – Penempatan bak truk sampah di Jl. Jendral Sudirman ujung, tepatnya didepan SD 003 Tembilahan Kota, disamping sangat mengganggu pengguna jalan, bau tidak nyaman yang dikeluarkannya juga cukup menggangu. Masyarakat sekitar terutama murid dan tenaga pengajar SD 003 berharap instansi terkait untuk segera memindahkannya ke areal lain.
“Ia pak, apalagi saat cuaca panas terik, baunya cukup kuat dan sangat tidak mengenakkan. Rasanya isi perut mau keluar semua,”Sebut Sari (11) seorang murid SD tersebut.
Teman sepermainannya, Indah (11) juga melontarkan kritikan yang sama. Menurutnya, tempat penampungan sampah tersebut selain berbau tidak sedap juga mengundang kedatangan lalat.
“Kalau mau jajan makanan di sekolah, kita rasanya jadi geli pak, soalnya banyak lalat. Ini mungkin karena memang didepan sekolah kita ada bak sampah yang cukup besar. Apalagi kalau sampah-sampah itu terlambat diangkut dan sedang turun hujan, alamat ribuan lalat akan berdatangan dan sampai masuk ke ruang kelas tempat kami belajar.”Keluhnya.
Untuk itu, tenaga pengajar disekolah ini sangat berharap agar instansi berwenang untuk segera mencarikan alternative penempatan dilokasi lain. Menurutnya, keberadaan bak sampah ini sudah sangat dirasakan menggangu aktifitas disekolah tersebut.
“sebaiknya ya dipindah ke lokasi lain. Kasihan anak-anak. Konsentrasi belajar mereka jadi terganggu dikarenakan bau tidak sedap dan banyaknya lalat yang beterbangan.”Pinta seorang tenaga pengajar yang enggan menyebutkan namanya.
Dari pantauan di lokasi, memang keberadaan bak truk sampah ini terlihat sangat tidak memadai. Padatnya aktifitas pertokoan, ramainya pengguna jalan serta sempitnya ruas jalan tentu akan rawan terjadinya kecelakaan. Yang lebih utama, penempatannya persis di hadapan sebuah sekolah dasar tentu polusi udara yang dihasilkannya dapat mengganggu konsentrasi disamping bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat banyaknya lalat. (fsl)