Bagian Umum Diduga Titik Awal Timbulnya Api - Arbindonesia
April 11, 2014

Bagian Umum Diduga Titik Awal Timbulnya Api

Bagikan..

Sayap kanan bawah bangunan utama gedung komplek kantor Bupati Inhil dimana keberadaan ruang kantor bagian Umum Setdakab Inhil ini Titik Awal keberadaan api.
Sayap kanan bawah bangunan utama gedung komplek kantor Bupati Inhil dimana keberadaan ruang kantor bagian Umum Setdakab Inhil ini diduga menjadi Titik Awal keberadaan api.

Tembilahan (detikriau.org) — Gedung Utama Komplek Perkantoran Bupati Inhil Jalan Akasia itupun akhirnya ludes. Bangunan yang didirikan diera tahun 80an jaman Bupati Bakir Ali itu kini hanya tinggal kenangan. Titk Awal api diduga bermula di ruang kantor Bagian Umum Setdakab Inhil.
Berdasarkan informasi yang didapatkan dilapangan dari salah seorang satpol PP yang mendapat tugas jaga malam, Iwan, memperkirakan kebakaran terjadi sekira pukul 01.20 Wib, Jum’at (11/4/2014) dinihari.  Dikatakannya, kobaran api pertama kali dilihatnya pada bagian lantai  satu ruas kanan bangunan gedung berlantai dua itu.
“Saya melihat kobaran api sekira pukul 01.30 an. pastinya saya kurang ingat karena situasi sempat membuat saya panik. namun saat pertama saya ketahui, lantai satu bagian sayap kanan gedung, api sudah berkobar cukup besar. sontak saya berteriak mencoba mencari bantuan,” Ujar Iwan saat ditemui detikriau.org dilokasi kejadian sekira pukul 02.15 Wib.
Titik awal timbulnya api ini juga dibenarkan oleh salah seorang warga Tembilahan yang secara  kebetulan melintas didepan kantor Bupati. Menurut penjelasan warga yang mengaku bernama edy ini, malam itu, sekira pukul 01.00 Wib, ia beranjak dari lokasi pujasera jalan kapten Muchtar Tembilahan. Sekira pukul 01. 20 Wib, saat melintas didepan kantor Bupati Inhil, ia melihat pada bagian depan lantai satu gedung utama kantor Bupati inhil terlihat kobaran api.
“Api belum terlalu besar. hanya pada bagian bawah gedung bersebelahan dengan kantor Bappeda. Karena penasaran saya berhenti persis didepan pintu masuk yang dalam keadaan tertutup. saat itu saya berusaha untuk memberitahukan kepada petugas jaga namun saya tidak melihat seorangpun,” Sampaikan Edy saat bertemu detikriau.org didepan kantor Bupati Inhil saat kejadian musibah kebakaran.
Pantauan lapangan detikriau.org, setibanya dilokasi kebakaran di kantor Bupati Inhil sekira pukul 01.55 Wib, detikriau.org menyaksikan kobaran api sudah sangat besar. semburan api yang disertai kepulan asap dan bara api membumbung tinggi ke udara.
saat itu terlihat petugas damkar dibantu anggota satpol PP dan beberapa PNS berusaha mengendalikan amukan api agar tidak menyebar kebagian gedung lainnya komplek perkantoran Bupati Inhil ini. Namun karena besarnya kobaran api diiringi dengan hembusan angin yang cukup kencang membuat upaya pemadaman tidak membuahkan hasil maksimal.
Pukul 02.40 Wib, Kobaran api sudah merembet ke bagian belakang gedung utama kantor Bupati. diselasar penghubung ke gedung kantor Bupati baru, tampak petugas damkar berjibaku dengan segala upaya menghambat agar api tidak  menyeberang. Usaha keras ini membuahkan hasil baik. Kobaran api dapat dibendung agar tidak menyebelah ke gedung kantor Kesbangpol, gedung kantor Bappeda dan gedung kantor baru.
Pukul 03.13 Wib, Api mulai meredup setelah hampir meludeskan seluruh bagian bangunan. pukul 03.17 Wib, sudah hampir dapat dipastikan api tidak lagi mengancam keberadaan gedung berhampiran. Namun petugas damkar yang dibantu damkar swadaya PSMTI secara  terus menerus menyirami api dengan semburan air untuk memastikan api tidak kembali
membesar.
Kemudian sekira pukul 03.22 Wib hampir seluruh bagian gedung utama kantor bupati sudah menjadi arang. detikriau.org hanya melihat kobaran api yang masih cukup besar pada bagian teras depan gedung utama kantor Bupati Inhil dan semakin lama semakin meredup. (dro)

1 thought on “Bagian Umum Diduga Titik Awal Timbulnya Api

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.