Bagian Perencanaan dan Keuangan Gagas Penerapan Aplikasi KOTAKU-ONLINE, Sekda Inhil Beri Apresiasi - Arbindonesia
Agustus 12, 2022

Bagian Perencanaan dan Keuangan Gagas Penerapan Aplikasi KOTAKU-ONLINE, Sekda Inhil Beri Apresiasi

IMG-20220812-WA0017

Ket. Foto: Kepala Sub Bagian Keuangan, Werie Irma Pamasih saat menjelaskan fungsi aplikasi KOTAKU-ONLINE kepada salah seorang Bendahara Pengeluaran Pembantu unit kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir

Bagikan..

ARB INdonesia, Indragiri Hilir – Bagian Perencanaan dan Keuangan (Renkeu) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggagas penerapan aplikasi Konsultasi Penatausahaan Keuangan Online (KOTAKU-ONLINE) dalam Inovation Government Award (IGA) Tahun 2022.

KOTAKU-ONLINE merupakan sebuah inovasi berupa aplikasi berbasis google form yang dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi dalam proses penatausahaan keuangan di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, memberikan keleluasaan dan mempermudah aktifitas konsultansi penyelesaian masalah penatausahaan keuangan serta mengoptimalkan fungsi perbendaharaan di masing-masing unit kerja.

“Gagasan aplikasi ini memang merupakan arahan dari Bapak Bupati Indragiri Hilir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Maka, kami pun menyambut arahan tersebut dan segera menindaklanjutinya dengan menggagas aplikasi KOTAKU-ONLINE,” ungkap Kepala Sub Bagian Keuangan Bagian Perencanaan dan Keuangan, Werie Irma Pamasih, Jumat (12/8/2022) pagi di ruang kerjanya.

Weri mengungkapkan, gagasan berupa aplikasi KOTAKU-ONLINE ini dilatarbelakangi kendala kehadiran dan waktu dikarenakan mobilitas yang tinggi akibat tuntutan tugas.

Weri mengungkapkan, penggunaan aplikasi KOTAKU-ONLINE ditargetkan bagi Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP), Pejabat Pembuat Komitmen, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan hingga Kepala Sub Koordinator di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir.

“Teknisnya, pengaplikasian KOTAKU-ONLINE ini cukup mudah karena berbasis google form yang sudah lumrah digunakan. Kami memang bermaksud mengedepankan kemudahan agar KOTAKU-ONLINE dapat digunakan secara efektif,” tutur Weri.

Weri menjelaskan, Bendahara Pengeluaran Pembantu yang membutuhkan konsultasi dalam hal penatausahaan, administrasi keuangan maupun perbendaharaan cukup mengajukan form melalui Google Form yang telah disediakan.

“Cukup di-submit setelah pengisian data identitas. Otomatis, form yang berisi pertanyaan-pertanyaan dari BPP akan direspon melalui Whatsapp grup yang juga telah kami buat,” kata Weri.

Untuk informasi layanan KOTAKU-ONLINE, diungkapkan Weri, Bendahara Pengeluaran Pembantu dapat menerimanya dari staf Bagian Perencanaan dan Keuangan.

Gagasan KOTAKU-ONLINE tidak hanya mendapat apresiasi dari jajaran Bendahara Pengeluaran Pembantu, namun juga Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, H Afrizal yang menyambut baik kehadiran inovasi di bidang keuangan ini.

“Di era digital yang serba mudah ini, memang sepatutnya kita membuat terobosan, digitalisasi layanan seperti KOTAKU-ONLINE,” tutur Afrizal.

Afrizal mengungkapkan, melalui aplikasi KOTAKU-ONLINE diharapkan alur proses penatausahaan keuangan dapat lebih efisien serta program dan kegiatan setiap unit kerja di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dapat dilaksanakan tepat waktu.

Afrizal berharap agar Bagian Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Indragiri Hilir dapat terus berinovasi demi terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik.

“Saya berharap para stakeholders yang berkepentingan dalam penatausahaan keuangan di Setda dapat memanfaatkan aplikasi ini. Selain itu, Saya juga mengimbau agar tiap-tiap bagian dapat senantiasa inovatif demi pelayanan publik yang prima dan tata kelola pemerintahan yang baik,” pungkas Afrizal. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.