Juli 18, 2024

ANTISIPASI BANJIR, PROGRAM DM DIMINTA SEGERA DISELESAIKAN

Bagikan..

TEMBILAHAN (www.detikriau.wordpress.com) – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengingatkan kepada seluruh desa dan kelurahan untuk segera menyelesaikan seluruh rangkaian program desa mandiri (DM). Sebab, dengan kondisi pasang yang tinggi ditambah dengan curah hujan yang juga tinggi , dikawatirkan akan menghambat pekerjaan program fisik DM tahun 2011.

 

Kendati dalam program itu desa tidak mesti hanya mengarahkan kegiatanya pada bidang fisik saja, tetapi mayoritas desa masih mengarahkan programnya pada bidang infrastruktur. Saat ini tim BPMPD dengan tim koordinasi terus melakukan monitoring. Tim tersebut melakukan pemantauan di setiap desa dan kelurahan.

 

Kepala BPMPD Inhil H Edy Syafwannur menyatakan setiap desa dan kelurahan yang masih rendah tahapan progres pekerjaannya  atau programnya akan langsung mendapatkan teguran supaya mengesa dan menyelesaikan segera seluruh kegiatanya.

 

“Monitoring terus kita lakukan.Dalam hal ini, kita semua berharap program tersebut semakin tetap sasaran dan memberikan manfaat tinggi bagi masyarakat,” sebut mantan kepala Dispenda Inhil ini.

 

Dikatakanya, selain melakukan pemantauan. Monitoring yang dilakukan juga bertujuan menyerap aspirasi warga. Pasalnya, dengan melakukan hal tersebut diatas, BPMPD semakin mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, terutama mereka yang umumnya berada di pedesaan sebagai mana yang telah termaktub di dalam program DM.

 

Salah satu tujuan program BPMPD adalah Perwujudan desa dan kelurahan ke arah semakin baik dan berkembang sehingga makin maju dan mandiri dalam peningkatan kinerja pemerinthan desa, peningkatan kualitas sarana dan prasaran Desa, peningkatan perekonomian serta peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

 

“Banyak lagi tujuannya. Ini merupakan antara lain dari tujuan itu,” pungkasnya.(fsl)