Februari 24, 2024

803 CJH Asal Inhil Mengikuti Test Kesehatan

Bagikan..

www.detikriau.wordpress.com (TEMBILAHAN) – Sebanyak 803 Calan Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Indragiri mengikuti test kesehatan di Kantor Dinas Kesehatan Inhil Jalan M. Boya Tembilahan. Test kesehatan calon tamu Allah tersebut meliputi test fisik, test jantung, serta pemberian vaksin imunisasi.
Rosul Alim M.Kes Kepala Diskes Kabupaten Inhil kepada wartawan, Selasa (13/9) berpesan agar setiap CJH dapat sempurna dalam menjalankan rukun ibadah haji selama ditanah suci maka diperlukan test kesahatan. Sebab fisik yang kuat itu sangat penting mengingat kondisi cuaca dan padatnya jamaah haji itu sendiri.
Terkait dengan banyaknya jumlah CJH asal Indragiri Hilir yang mengikuti test kesehatan, Dinkes membagi tempat pelaksanaan pemeriksaan dalam tiga lokasi. yakni untuk Kota Tembilahan dipusatkan di Kantor Dinas Kesahatan, kemudian yang lainnya berada di Kecamatan Guntung, dan Kecamatan Reteh Pulau Kijang.
“Mengingat jumlah CJH yang mengikuti test kesehatan ada sebanyak 803 orang, maka kita laksanakan secara bertahap dan pada 3 tempat, dengan demikian khususnya bagi CJH yang dari daerah tidak perlu jauh-jauh pergi ke Tembilahan, cukup mencari mana yang terdekat agar bisa dilayani” ujar Rosul Alim
Ditambahkan Rosul Alim, berdasarkan hasil evaluasi kesehatan yang dilakukan terhadap setiap Jemaah haji, terdapat kasus yang cukup tinggi dibeberapa Negara yang disebabkan oleh bakteri meningokokus. Bakteri ini memliki beberapa starin. Yang belakangan banyak menyebabkan wabah adalah starin W-135. Untuk antisipasi hal tersebut maka nantinya kepada setiap CJH asal Indragiri Hilir akan diberikan imunisasi berupa vaksinasi eingokokkal tetra- valen atau meningitis ACYW 135
“ Selain cek fisik dan dan cek kesehatan, bagi setiap CJH juga akan diberikan imunisasi berupa vaksinasi tetra-valen atau Meningitis ACYW 135” jelas Rosul Alim. (fsl)