2014, PU Inhil Programkan Pengerjaan Jalan Pemukiman Menggunakan Lapen - Arbindonesia
Maret 5, 2014

2014, PU Inhil Programkan Pengerjaan Jalan Pemukiman Menggunakan Lapen

Bagikan..

lapenTembilahan (www.detikriau.org) — 2014, Dinas PU Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan memprogramkam pelaksanaan pengerjaan jalan pemukiman dengan mempergunakan Lapisan Penetrasi Macadam (lapen). Penetapan penggunaan Lapen atau tidak pada suatu ruas jalan diputuskan dari hasil survey yang dilakukan oleh Tim.
Pernyataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) kab Inhil, T Edy Afrizal melalui Kabid Perumahan dan Pemukiman, Ir Pardiyus kepada detikriau.org diruang kerjanya. rabu (5/3/2014). dikatakan pardiyus, dari hasil survey, jika memang bisa menggunakan Lapen maka akan digunakan namun jika tidak, pengerjaan cukup dengan di lakukan buras (lapisan aspal. red)
“Jadi tidak semua jalan pemukiman akan dikerjakan dengan Lapen. keputusannya dari hasil survey yang dilakukan oleh Tim,” Jelas Pardiyus.
Lapisan Penetrasi Macadam (lapen), merupakan lapis perkerasan yang terdiri dari agregat pokok dan agregat pengunci bergradasi terbuka dan seragam yang diikat oleh aspal dengan cara disemprotkan di atasnya dan dipadatkan lapis demi lapis. Di atas lapen ini biasanya diberi laburan aspal dengan agregat penutup. Tebal lapisan bervariasi dari 4-10 cm.
Dalam kesemaptan ini, Pardiyus juga menghimbau kepada pihak rekanan pelaksana untuk selalu mengontrol kegiatan selama masa perawatan berjalan karena selama masa perawatan (6 bulan sejak selesainya pengerjaan. red), kerusakan apapun yang terjadi sepenuhnya masih menjadi tanggungjawab pihak rekanan.
“Jika dalam masa perawatan itu ada kerusakan, maka Dinas PU akan menyurati dan memintakan kepada rekanan untuk melakukan perbaikan,” Pungkas Pardiyus. (Ahmad tarmizi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.