Juli 18, 2024

Wakili Bupati Inhil, Kaban Kesbangpol Tutup MTQ Tingkat Kecamatan Kempas

HM Arifin mewakili Bupati Inhil dalam agenda penutupan acara MTQ tingkat Kecamatan Kempas, ist.

Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Inhil HM Arifin, S.Sos MM menutup secara resmi MTQ ke-18 tingkat Kecamatan Kempas tahun 2023,
Sabtu (24/6/2023) di halaman kantor Camat Kempas.

Dalam sambutan Bupati Inhil yang disampaikan oleh Kaban Kesbangpol Inhil, HM Arifin
memberikan apresiasi dengan terselenggaranya MTQ Kecamatan Kempas ini yang berjalan sukses, meriah dan hikmat.

“Dengan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Camat Kempas bersama jajaran panitia, demikian juga seluruh lurah dan kepala desa yang mendukung penuh dalam menggerakkan masyarakatnya guna memeriahkan MTQ ini,” ujar HM Arifin menyampaikan amanat Bupati Inhil HM Wardan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu Syiar Islam yang harus di semarakkan. Alhamdulillah sejak awal pembukaan hingga malam ini acara berjalan aman lancar dan sukses,” tambahnya.

Lanjutnya, kepada para Qari’-qariah yang berhasil menjadi yang terbaik Bupati Inhil mengucapkan selamat dan jangan merasa puas dan terus belajar, berlatih serta persiapkan diri dengan baik untuk menghadapi MTQ tingkat kabupaten.

“MTQ tingkat kabupaten Insya Allah akan dilaksanakan pada bulan September 2023 mendatang di Kecamatan Kemuning, dan jika Qori-qoriah berhasil ditingkatkan ini maka akan terus ke MTQ tingkat provinsi dan nasional,” ujar Kaban Kesbangpol Inhil.

Selain itu, menurut HM Arifin yang juga Ketua Harian LPTQ Kabupaten Inhil, pada MTQ tingkat kabupaten nantinya pantia kabupaten akan mempertandingkan seluruh cabang di
Musabaqahkan sesuai juknis LPTQ pusat
yakni ada 8 cabang diantaranya:

  1. Cabang Tilawah Al Qur’an
  2. Cabang Hifzil Qur’an
  3. Cabang Fahmil Qur’an
  4. Cabang Syarhil Qur’an
  5. Cabang tafsir Qur’an
  6. Cabang khatib Qur’an
  7. MMQ ( menulis makalah Al Qur’an )
  8. Cabang hafalan hadits

“Semoga Camat Kempas bersama LPTQ kecamatan dan KUA pada MTQ kebupaten nantinya dapat mengirim Kafilah dengan mengikuti seluruh cabang yang akan dipertandingkan,” tutup HM Arifin. (GF/Redaksi/Arb)