Tinjau Lahan Masyarakat yang Terendam, DLHK Inhil Akan Lakukan Rapat di Kabupaten - Arbindonesia
Oktober 5, 2022

Tinjau Lahan Masyarakat yang Terendam, DLHK Inhil Akan Lakukan Rapat di Kabupaten

IMG_20221005_171802
Bagikan..

ARB INdonesia, INDRAGIRI HILIR – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) turun langsung meninjau lokasi lahan pertanian dan perkebunan masyarakat Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka, yang terdampak banjir, Selasa (04/10/22).

Dalam peninjauan itu, DLHK turun bersama beberapa instansi terkait, diantaranya Dinas Pertanian, dan Dinas Perkebunan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Inhil.

Sampai di lokasi yang dituju, masyarakat serta RT setempat memperlihatkan kondisi lahan dan aliran air yang diduga dari perusahaan PT. Setia Agrindo Mandiri (SAGM).

“Ada 5 titik yang dipasang paralon oleh pihak perusahaan, semua aliran air itu masuknya ke tempat kami,” katanya saat dilokasi peninjauan.

Kemudian katanya lagi, dampak dari air tersebut yang membuat lahan-lahan pertanian atau perkebunan milik mereka mati selama 5 tahun terakhir.

“Aliran sungai ini sudah pernah ditutup permanen. Namun, dibongkar oleh pihak perusahaan dipasang lagi tapi menggunakan paralon sehingga air tetap mengalir ke tempat kami,” sebutnya.

Sementara itu, usai melihat langsung kondisi di lapangan Kepala Dinas LHK Azwizarmi melalui Pengawas DLHK Inhil, Wanda Fauzan mengatakan bahwa, persolan ini akan dirapatkan di kabupaten.

“Atas perintah atasan kami turun mengecek ke lokasi, kita lihat bersama-sama dengan tim memang ada sebagian dari lahan masyarakat yang terendam, ini akan dilakukan rapat koordinasi selanjutnya di kabupaten, karena inikan banyak ada Dinas perkebunan, PUTR, Pertanian,” sebutnya.

Sementara untuk limbah, kata Wanda, pihak (DLHK, red) selama setengah tahun sekali selalu melakukan pengujian.

“Kalau limbahkan setiap enam bulan sekali memang kami uji, inikan banyak air kanal ni, dan kita tidak bisa menduga terlebih dahulu, kita kan hanya ngecek di lapangan, oh ini terendam,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam peninjauan itu turut dihadiri oleh Kasi Pengawas Alat dan Mesin, Erfan Abdul Razak, Staff Dinas PUTR Fahyudi, Ps. Kanit Intelkam Polsek Batang Tuaka, Aipda Eka Ardinal, S.E.

Bhabinkamtibmas Desa Kuala Sebatu, Bripka Bayu Hanif, Banit Intelkam Polsek Batang Tuaka, Briptu Deni Arista, Kades Kuala Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, Budi Wibowo, S.Kep. Kades Pasir Emas Kecamatan Batang Tuaka, Abdul Rahman,
Penyuluh Pertanian Desa Kuala Sebatu Kecamatan Batang Tuaka, Kardinal, dan
Penyuluh Pertanian Desa Pasir Emas Kecamatan Batang Tuaka, Ahmad Fathoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *