Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, Pemerintah Kecamatan Sungai Batang Membuat Inovasi 'Kelapa Kopyor Bisa' - Arbindonesia
September 13, 2021

Tingkatkan Pendapatan Masyarakat, Pemerintah Kecamatan Sungai Batang Membuat Inovasi ‘Kelapa Kopyor Bisa’

IMG_20210913_230743
Bagikan..

ARBIndonesia.com, INDRAGIRI HILIR – Dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dengan pengembangan produk Usaha Kecil Masyarakat (UKM), Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Sungai Batang, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) membuat suatu Inovasi.

Inovasi tersebut diberi nama ‘Kelapa Kopyor Bisa’ (KEgiatan pengoLAhan PAngan KOmoditas Pertanian Yang berORientasi BISnis Agro).

Mengenai inovasi tersebut, Camat Sungai Batang, Hardiansyah, A.MP mengatakan pengembangan produk UKM melalui inovasi ‘Kelapa Kopyor Bisa’ bertujuan untuk
memanfaatkan bahan dasar lokal yang sangat mudah ditemukan di Kabupaten Inhil khususnya di Kecamatan Sungai Batang.

Seperti tumbung kelapa yang selama ini dianggap limbah akan diolah menjadi barongko tembung, selain itu jenis komoditas perikanan yang melimpah di Kecamatan Sungai Batang seperti Ikan gabus akan diolah menjadi Nuget Ikan Gabus.

“Dengan memanfaatkan bahan dasar lokal tersebut untuk dijadikan suatu produk tentunya akan memiliki nilai jual lebih,” tuturnya, Senin (13/9/2021).

Selain itu Hardiansyah juga berharap dengan adanya inovasi ‘Kelapa Kopyor Bisa’ ini kedepannya akan banyak berdiri industri rumahan (Home Industri) di wilayah Kecamatan Sungai Batang.

“Dengan demikian, pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Oleh karena itu perlu dukungan pemerintah dan masyarakat dalam upaya mewujudkan diversifikasi pangan ini,” harap Camat Sungai Batang, Hardiansyah, A.MP.
(Arbain)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *